Bupati Sumbawa Barat Desak Newmont Bangun Smelter

id Smelter Newmont

"Silakan Newmont mengambil (emas dan tembaga), tetapi harus juga ada smelter dibangun di Sumbawa Barat tahun 2015 ini,"
Mataram, (Antara NTB) - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat KH Zulkifli Muhadli mendesak PT Newmont Nusa Tenggara untuk membangun pabrik pengolahan konsentrat (smelter) di daerah itu pada 2015.

"Silakan Newmont mengambil (emas dan tembaga), tetapi harus juga ada smelter dibangun di Sumbawa Barat tahun 2015 ini," kata Zulkifli Muhadli di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin.

Sebagai perusahaan besar dan sudah lama melakukan aktivitas pertambangan serta memiliki keuntungan yang tidak sedikit, semestinya perusahaan asal Amerika Serikat mampu membangun smelter di Sumbawa Barat.

"Kenapa mesti membangun di tempat lain, bukannya di lokasi tambang di Sumbawa Barat," katanya.

Menurut dia, sudah sepantasnya dan wajib hukumnya Newmont membangun smelter di Sumbawa Barat. Karena, dengan terbangunnya smelter di lokasi tambang maka kesempatan bekerja bagi putra daerah semakin terbuka.

"Adanya smelter akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar dan pemerintah daerah, bukan justru kita memberikan nilai tambah bagi daerah lain," ujarnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Sumbawa Barat itu, meminta agar pemerintah melalui Kementerian ESDM bisa mendesak dan mendorong Newmont untuk membangun smelter di areal tambang, bukan justru membangun di Gresik, Jawa Timur.

"Inilah semestinya yang harus dilakukan pemerintah agar mendesak PT Newmont Nusa Tenggara membangun smelter di provinsi penghasil, terutama di Kabupaten Sumbawa Barat. Karena bagaimana pun kita juga memiliki hak yang sama atas hasil kekayaan alam yang dimiliki," katanya. (*)