Unsera beri pelatihan basis digitalisasi ke serikat pekerja

id Unsera, spsi,pelatihan,digital

Unsera beri pelatihan basis digitalisasi ke serikat pekerja

Serikat pekerja Banten sedang mengikuti pelatihan komputerisasi dan digitalisasi, Selasa (18/7/2023) di Serang. FOTO ANTARA/HO-FSP KEP SPSI Provinsi Banten.

Serang, Banten (ANTARA) - Universitas Serang Raya (Unsera) memberikan pelatihan komputerisasi dan digitalisasi dalam program "Microsoft Acess" kepada pengurus serikat pekerja PD FSP KEP SPSI Banten di Serang, Selasa, guna mengimplementasikan tata kelola organisasi serta database berbasis komputer.

Ketua PD FSP KEP SPSI Provinsi Banten Afif Johan menyatakan, program tersebut merupakan bagian penguatan organisasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) organisasi dan teknologi informasi. "Ini bagian dari tindak lanjut MoU kerjasama antara SP KEP SPSI Banten dengan Unsera yang dimulai sejak tahun 2021 hingga sekarang," katanya.

Menurut dia, kerja sama tersebut sampai saat ini telah melaksanakan pelatihan sebanyak lima kali. Di antaranya, workshop teknologi informasi, seminar hukum hingga penempatan mahasiswa dalam praktek kerja nyata maupun penelitian di jajaran serikat pekerja Banten. "Dalam waktu dekat ini, juga akan dilakukan kerjasama dengan fakultas bahasa untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada teman-teman pekerja," katanya.

Oleh karena itu, ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Unsera atas kerjasama tersebut. Yang mana, kata dia, bahwa pada era globalisasi dan digitalisasi kaum pekerja harus dapat meningkatkan skill, sehingga memiliki kompetensi yang unggul serta berdaya saing.

"Para pengurus serikat pekerja tidak hanya jago orasi, melainkan diharapkan juga dapat menguasai komputerisasi di era globalisasi dan menguasai bahasa asing. Sehingga, kerjasama dengan akademik seperti ini dibutuhkan guna mewujudkan SDM yang unggul dan menuju SP KEP SPSI berkelas dunia," kata Afif Johan.

Baca juga: SPSI NTB meminta BSU BPJAMSOSTEK tetap dilanjutkan
Baca juga: SPSI sarankan karyawan Newmont bentuk satu serikat pekerja


Sementara itu, salah dosen Unsera Harsiti mengatakan apresiasi atas kerjasama dan kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya untuk melaksanakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. "Kita bersyukur telah diberi kesempatan atas kerjasama dengan SP KEP SPSI Banten ini," katanya.