Kegiatan kerohanian tingkatkan kualitas mental spiritual SDM di Sumut

id Pj Gubernur, STG,Kegiatan Kerohanian

Kegiatan kerohanian tingkatkan kualitas mental spiritual SDM di Sumut

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin pada acara pelepasan Kontingen Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Sumut, di Medan, Senin. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumut)

Medan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengatakan membangun serta mendorong kegiatan-kegiatan kerohanian dan pengembangan kreativitas beragama merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas mental spiritual Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terus berkomitmen mewujudkan kehidupan spiritual masyarakat melalui pembangunan rohani sebagai upaya meningkatkan mental SDM dalam kehidupan sehari-hari," ujar Hassanudin pada acara pelepasan kontingen Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Sumut, di Medan, Senin.

Pada kesempatan itu ia melepas keberangkatan sebanyak 42 kontingen Sumut untuk mengikuti Swayamvara Tipitaka Gatha (STG) XI memperebutkan Piala Bergilir Presiden yang akan berlangsung pada 1-5 November 2023 di Magelang, Jawa Tengah. 

"Saya tidak menuntut menjadi yang terbaik, tetapi berbuatlah yang terbaik sesuai kemampuan, hingga peserta asal Sumut mampu memberikan kebanggaan dan bisa dikenal di tingkat nasional dan internasional," kata Hassanudin.

Hassanudin berpesan kepada para peserta untuk menjaga kekompakan dan menjaga nama baik daerah.

"Pemprov Sumut pastinya mendukung. Apalagi membawa nama baik Sumut ke tingkat nasional. Harapan saya tampilkan yang terbaik, tetap kompak, jaga nama baik Sumut," sebutnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) Sumut Sutjipto mengatakan STG merupakan perlombaan keagamaan Buddha tingkat nasional dalam menyairkan atau mengembangkan Trpitaka sebagai kitab suci agama Buddha.

"STG tingkat nasional memperebutkan Piala Bergilir Presiden tersebut akan berlangsung pada 1-5 November 2023, di Provinsi Jawa Tengah," ujarnya.

Ia menjelaskan kontingen Sumut akan mengikuti 11 lomba dari 14 lomba yang dilaksanakan STG tahun 2023 ini dengan 42 peserta.

"Cabang yang dilombakan meliputi keterampilan, kreativitas, seni budaya, dan ilmu pengetahuan yang dijalankan dalam kehidupan sehari-hari, yang bersumber pada ajaran Buddha Dharma" katanya.

Baca juga: Pemerintah HSS tekankan RPJPD angkat isu ekonomi dan pengembangan SDM
Baca juga: Pemkot Mataram berikan "trauma healing" siswa di wilayah konflik


Dalam hal itu ia meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat sehingga kontingen Sumut dapat memberikan yang terbaik pada STG tahun ini.

"Kami harapkan kontingen LPTG Sumut bisa mengharumkan nama Sumut," sebutnya.