Para lansia ikuti pemeriksaan kesehatan gratis di Tambora Jakbar

id Pemeriksaan kesehatan lansia,Lansia,Tambora Jakarta Barat

Para lansia ikuti pemeriksaan kesehatan gratis di Tambora Jakbar

Pemeriksaan kesehatan warga lanjut usia (lansia) di Kelurahan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (16/11/2023). ANTARA/HO-Pemkot Jakbar

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 42 warga lanjut usia (lansia) mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia, Sekretariat RW 04 Kelurahan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Kamis.
 

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah, lingkar lengan, lingkar perut, tinggi badan dan penimbangan berat badan. "Total ada 42 warga yang datang ke layanan Posyandu Lansia di Sekretariat RW 04, untuk memeriksakan kesehatannya," kata Lurah Duri Selatan, Tariswan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Tariswan mengatakan bahwa selain untuk memastikan kesehatan lansia, pemeriksaan tersebut juga menjadi ruang bertemunya para lansia sehingga dapat mengurangi stres.

"Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk memastikan kesehatan warga lansia di lingkungan RW 04 Kelurahan Duri Selatan, selalu sehat dan menghilangkan stres sambil berinteraksi lansia lainnya," ungkap Tariswan.

Tariswan menyebut, selain pemeriksaan kesehatan, para lansia juga menerima makanan tambahan khusus lansia. Sementara itu, Romlah (69), salah satu lansia yang diperiksa berharap pemeriksaan kesehatan untuk lansia ini digelar secara rutin sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan.

"Kami berharap pemeriksaan ini digelar secara rutin sehingga bisa mengetahui kondisi kesehatan. Alhamdulillah, saat diperiksa kondisi normal semua," ucapnya.

Baca juga: PemerintahBogor mempertimbangkan usul taman bagi lansia
Baca juga: Sekolah lansia hadir di Kepulauan Selayar

Pemeriksaan kesehatan untuk usia lanjut atau di atas usia 60 tahun merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, baik warga yang sehat maupun yang mempunyai keluhan penyakit.

"Pemeriksaan kesehatan ini diperlukan karena lebih rentan terhadap penyakit," kata Romlah.