Pemkot Mataram pasang bronjong antisipasi longsor di DAS Jangkuk

id bronjong jangkuk

Pemkot Mataram pasang bronjong antisipasi longsor di DAS Jangkuk

Sejumlah pekerja pemasangan bronjong di Daerah Aliran Sungai (DAS) Jangkuk Kelurahan Pejeruk Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memasang bronjong di Daerah Aliran Sungai (DAS) Jangkuk Kelurahan Pejeruk Ampenan sebagai salah satu langkah antisipasi bencana longsor.

Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Selasa, mengatakan, pemasangan bronjong di DAS Jangkuk Pejeruk Ampenan menjadi prioritas karena kondisi tanah di areal tersebut terjadi penurunan sehingga menjadi titik rawan longsor.

"Karenanya sebagai langkah mitigasi bencana longsor kita pasang bronjong guna mencegah dampak yang lebih luas," katanya.

Pemasangan bronjong di DAS Jangkuk Pejeruk tersebut akan dilakukan sepanjang 40 meter dengan lebar 5 meter. "Untuk total anggarannya, belum kami cek lagi di PUPR," katanya.

Sementara Lurah Pejeruk Ampenan Kota Mataram Lalu Bagus Afriady menambahkan, selain untuk antisipasi longsor pemasangan bronjong di kawasan DAS Jangkuk Pejeruk juga bagian penataan sempadan sungai.

"Jadi, sempadan sungai bisa lebih rapi dan indah sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sempadan atau ke aliran sungai," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap program pemasangan bronjong tahun depan (2024) bisa dilanjutkan sampai ke Ampenan Tengah atau sekitar 300 meter lagi ke arah barat.

"Kalau sempadan DAS Jangkuk sudah dipasang bronjong, InsyaAllah kawasan itu bisa lebih aman dari ancaman longsor serta luapan air sungai," katanya.

Afriady menambahkan, program pemasangan bronjong ini sekaligus sebagai program lanjutan dari penataan DAS Jangkuk bagian utara yang telah dilaksanakan pemerintah dengan pembukaan akses jalan inspeksi.

"Setelah pembukaan jalan inspeksi DAS Jangkuk bisa memudahkan akses transportasi dan meningkatkan ekonomi warga sekitar," katanya menambahkan.