Ubah kesan kumuh, Pemkot Mataram tata PKL agar steril dari Teras Udayana

id teras Udayana

Ubah kesan kumuh, Pemkot Mataram tata PKL agar steril dari Teras Udayana

Sejumlah pejabat Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, melakukan pemantauan di areal Ruang Kreatif Teras Udayana, Rabu (20/12-2023). (ANTARA/Nirkomala)

Semua kami pindah ke taman bagian timur samping SMPN 6 Mataram
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot)  Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), segera melakukan penataan terhadap Pedagang Kali Lima (PKL) agar areal Ruang Kreatif Teras Udayana steril dari aktivitas PKL.

Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Rabu, mengatakan PKL yang biasanya membuka lapak di depan Teras Udayana akan direlokasi ke bagian timur.

"Selain PKL, ada juga permainan anak-anak, seperti odong-odong, mobil-mobilan, mancing, main pasir, serta permainan lainnya, semua kami pindah ke taman bagian timur samping SMPN 6 Mataram," katanya.

Baca juga: Pembangunan Ruang Kreatif Teras Udayana Mataram rampung

Miftahurrahman yang ditemui bersama sejumlah pejabat terkait lainnya usai melakukan pemantauan ke Teras Udayana mengatakan keberadaan PKL dengan gerobak serta peralatan untuk membuka lapak sehari-hari bisa memberikan kesan kumuh terhadap keberadaan Teras Udayana.

"Karena itu kami  juga sudah minta APKLI untuk mengawal penertiban PKL di areal Teras Udayana yang menjadi satu bagian penting yang kami  siapkan agar Teras Udayana bisa dimanfaatkan dan dinikmati secara maksimal," katanya.

Sementara untuk pengawasan rutin, kata dia, saat ini sedang disiapkan tim terpadu yang berasal dari unsur Dinas Pariwisata, Lingkungan Hidup, Satpol PP, dan Dinas Perdagangan.

"Tim inilah yang akan melakukan pengawasan rutin agar Teras Udayana bebas dari aktivitas PKL," katanya.

Baca juga: Disdag siapkan 24 lapak UMKM untuk dukung Teras Udayana Mataram

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kuliner masyarakat di sekitar Teras Udayana, lanjut dia, telah disiapkan lapak UMKM di bagian samping Teras Udayana oleh Dinas Perdagangan.

"Sebanyak 24 lapak UMKM ini kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan kuliner khas daerah kita," katanya.

Menyinggung tentang progres pembangunan Teras Udayana, Miftahurrahma menyebutkan saat ini sedang dilaksanakan penyelesaian pemasangan pedestrian menggunakan paving block dengan anggaran Rp200 juta

Sementara untuk pembangunan inti fisik Teras Udayana sudah selesai 100 persen sesuai kontrak. Saat ini masuk tahap pemeliharaan dan proses pembersihan.

"Insya Allah, kegiatan peresmian Teras Udayana dilaksanakan pada 12-14 Januari 2024 bersama dengan lapak UMKM dan lintasan lari di bagian utara Teras Udayana," katanya.

Baca juga: Pembangunan ruang kreatif Teras Udayana Mataram Rp5,6 miliar dimulai
Baca juga: Dispar menyiapkan kantor pengelola Teras Udayana Mataram