DPR harap tiga pemain timnas naturalisasi beri terbaik untuk Indonesia

id Naturalisasi Pemain Timnas,Sepak Bola Indonesia,Komisi X DPR

DPR harap tiga pemain timnas naturalisasi beri terbaik untuk Indonesia

Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) I Zainudin Amali saat menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Ad Interim Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) untuk membahas permohonan pemberian kewarganegaraan RI kpada Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (7/3/2024). ANTARA/DPR RI

Jakarta (ANTARA) -
Komisi X DPR RI mengharapkan tiga calon pemain Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia yang telah dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia dapat memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia.
 
"Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik dan juga benar-benar betah di Indonesia menjadi warga negara Indonesia yang baik dan bisa menjadi contoh bagi pemain-pemain lain,” kata Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.
 
Menurut Hetifah, keberadaan ketiga pemain naturalisasi yang terdiri atas Ragnar Oeratmangoen, Thom Jan Haye, dan Marteen Paes itu berpotensi besar memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia. Ketiganya diharapkan pula dapat menularkan pengetahuan yang mereka miliki kepada pemain lainnya.
 
Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi kepada calon pemain timnas sepak bola Indonesia yang diajukan oleh pemerintah. Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja DPR bersama sejumlah kementerian terkait permohonan naturalisasi tersebut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.
 
Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM Cahyo Rahadian mengatakan ketiga pemain asal Belanda itu memiliki darah atau garis keturunan dari Indonesia. Ketiganya diajukan untuk dinaturalisasi demi membuat timnas sepak bola Indonesia lebih berprestasi.
 
"Permohonan kewarganegaraan tersebut telah melalui pemeriksaan dan penelitian oleh tim pemeriksa dan peneliti pemberian kewarganegaraan," tutur Cahyo.
 
Ragnar Oratmangoen (26) merupakan pemain berposisi penyerang sayap atau winger yang saat ini membela klub Fortuna Sittard (Belanda) dengan status pinjaman dari Groningen. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Maluku.

Baca juga: Manchester City amankan tiket 8 besar
Baca juga: UEFA resmi terapkan format baru Liga Champions
 
Sementara itu, Thom Haye (28) merupakan gelandang klub Herrenveen (Belanda) yang memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Sulawesi dan nenek yang berasal dari Solo.
 
Berikutnya, Maarten Paes (25) mempunyai darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang merupakan orang Maluku. Maarten lahir di Nijmagen, Belanda pada 14 Mei 1998 dan saat ini tengah berkiprah di klub divisi pertama liga Amerika Serikat FC Dallas.