Lombok Taksi Bermitra dengan Industri Perhotelan di Lombok

id Lombok Taksi

Lombok Taksi Bermitra dengan Industri Perhotelan di Lombok

Para manager hotel foto bersama dengan jajaran Lombok Taksi usai menandatangani MoU. (ANTARA NTB/ist)

"Saya yakin kerja sama tersebut akan saling menguntungkan, hotel untung, Lombok Taksi untung"
Mataram (Antara NTB) - Perseroan Terbatas Lombok Taksi (Blue Bird Group) menjalin kemitraan bisnis dengan industri perhotelan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam hal pelayanan berkualitas bagi para wisatawan  dengan cara pemberian "discount" atau potongan harga.

Kemitraan dua pihak tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), yang ditandatangani Manajer Pool Lombok Taksi Amir Muslim, dan sejumlah pengelola hotel, di Hotel Golden Palace, Mataram, Rabu.

"Kerja sama tersebut dalam hal pelayanan yang lebih luas dan saling menguntungkan kedua pihak dengan memanfaatkan armada Lombok Taksi," kata Amir Muslim.

Ia menyebutkan satu unit armada Lombok Taksi rata-rata melayani sebanyak 13 kali orderan, di mana rata-rata sembilan kali dipesan oleh penumpang melalui layanan telepon kantor, dan empat kali disetop penumpang di pinggir jalan.

Rata-rata total biaya yang dikeluarkan oleh penumpang dalam satu kali layanan sebesar Rp41 ribu atau jarak tempuh perjalanan rata-rata mencapai 10 kilometer.

Menurut Amir, permintaan masyarakat akan armada Lombok Taksi yang masih relatif bagus tersebut bisa menjadi potensi bagi para pengelola hotel untuk memberikan pelayanan kepada pengunjungnya berupa "discount" atau potongan harga.

Bagi pengelola hotel yang bermitra dengan Blue Bird Group dibantu promosi melalui aplikasi MyBB (My Blue Bird), email yang dikelola perusahaan di Jakarta, dan brosur yang ditempatkan di setiap armada.

"Ke depan, kami akan membuat semacam buku katalog agar brosur tidak berserakan di dalam kabin armada," ujarnya.

Sementara itu, General Manager Golden Palace Hotel Ernanda Agung D, menyambut baik kemitraan dengan Lombok Taksi (Blue Bird Group). Kerja sama tersebut tentunya akan menguntungkan masing-masing pihak dari sisi bisnis.

Ia juga meyakini bahwa pengunjung akan relatif banyak ke hotelnya menggunakan armada Lombok Taksi yang sudah menerapkan pemesanan sistem daring yang disebut MyBB.

"Saya yakin kerja sama tersebut akan saling menguntungkan, hotel untung, Lombok Taksi untung," katanya.

F&B Manager Lombok Astoria M Ikhsan RF, juga meyakini kerja sama dengan Lombok Taksi akan memberikan efek positif bagi peningkatan okupansi hotel. Sebab, rata-rata wisatawan domestik maupun asing yang membutuhkan armada taksi, lebih banyak mengenal armada Blue Bird Group.

"Saya sering nongkrong di lobi hotel, begitu melihat tamu yang akan keluar, pasti mereka mencari taksi Blue Bird. Memang perusahaan moda transportasi darat ini sudah terkenal di Indonesia dan luar negeri," ujarnya. 

Berikut hotel yang memberikan discount bagi penumpang Lombok Taksi menggunakan aplikasi MyBB :

 LIVING ASIA ( Senggigi)
    Room = 20% (bar)
    Spa.    = 10%

2. HOLIDAY RESORT
    Room = 20% (web)
    F&b.    = 15%
    Spa.    = 40%
    Laundry = 25%

3. GOLDEN PALACE
  Room = 55% (Publish Rate)
  F&b.    = 15%
  Spa.    = 15%
  Karaoke = 15%

4. DMAX
  Room = 40% (publish rate)
  F&b.    = 10%
  Spa.    = 20%
 
5. LOMBOK ASTORIA 
  Room = 53% (Publish Rate)
  F&b.    = 20%

6. LOMBOK RAYA
  Room = 20-45%
  (publish Rate)

7. LOMBOK PLAZA
  Room = 40% (Publish Rate)
  F&b.    = 10%
  Karaoke = 15%

8. ASTON INN
  Room = 50% (publish Rate)
  F&b.    = 15%
   
(*)