Pemkab Lombok Tengah siapkan puluhan hewan kurban saat Idul Adha

id Hewan kurban ,Lombok Tengah ,NTB,Idul Adha

Pemkab Lombok Tengah siapkan puluhan hewan kurban saat Idul Adha

Wakil Bupati Lombok Tengah, Provinsi NTB, HM Nursiah. (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Hewan kurban yang dipotong itu diberikan kepada warga yang berhak untuk mendapatkan daging kurban

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengumpulkan puluhan hewan kurban yang dipotong pada hari raya Idul Adha 1445 Hijriah atau 17 Juni 2024.

"Hewan kurban yang dipotong itu diberikan kepada warga yang berhak untuk mendapatkan daging kurban," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah di Praya, Jumat.

Hewan kurban yang dipotong tersebut bersumber dari OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, BUMN maupun BUMD serta Individu.

"Berapa total semua hewan kurban itu, masih dikumpulkan," katanya.

Baca juga: Antisipasi PMK, Tim pengawas hewan kurban dibentuk di Lombok Tengah

Ia mengatakan untuk lokasi penyaluran masih belum diputuskan, namun secara teknis telah dibahas dan beberapa mengusulkan daftar penyaluran.

"Daging hewan kurban itu diberikan kepada warga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Muhammad Kamrin mengatakan stok hewan kurban baik kambing maupun sapi untuk kebutuhan masyarakat Lombok Tengah pada 2024 dipastikan aman.

"Stok hewan kurban sapi di Lombok Tengah aman, karena populasi ternak sapi kita mencapai 100 ribu ekor," katanya.

Baca juga: Distan sebut stok hewan kurban di Lombok Tengah mencukupi

Ia mengatakan, populasi ternak sapi saat cukup tinggi, sehingga Kabupaten Lombok Tengah diberikan izin untuk mengirim ternak sapi untuk kebutuhan kurban ke daerah lain, baik di wilayah NTB maupun ke pulau Jawa.

"Stok hewan kurban kambing juga masih aman," katanya.

Sementara itu, untuk harga hewan kurban baik kambing maupun sapi menjelang hari hara Idul Adha 1445 Hijriah mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan harga sebelumnya Rp13 juta untuk satu ekor sapi bisa naik jadi Rp15 juta. Kenaikan harga ini hal biasa dan terjadi setiap tahun baik itu menjelang hari besar agama lain.

"Untuk harga hewan kurban kambing itu kisaran mulai Rp2,5 juta," katanya.

Baca juga: Distan Loteng sebutkan harga hewan kurban stabil

Ia mengatakan hewan yang dijadikan kurban sesuai syariat Islam itu adalah hewan yang sehat atau tidak cacat, sehingga diharapkan kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sehat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat jika ada ternak yang mengalami sakit, agar dilaporkan kepada petugas, sehingga bisa ditangani untuk diberikan pengobatan," katanya.*

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah siapkan puluhan hewan kurban