Puluhan mahasiswa IAIH Pancor Lombok Timur gelar PKL Nasional di Jateng

id Mahasiswa IAIH Pancor ,PKL,NTB ,Jawa Tengah,IAIH,Lazis,Muhammadiyah ,Semarang,Jateng,Lombok,NTB,Pancor

Puluhan mahasiswa IAIH Pancor Lombok Timur gelar PKL Nasional di Jateng

Dekan Fakultas Dawah dan Komunikasi Islam IAIH Pancor Dr Ahmad Muzayyin saat didampingi mahasiswa yang mengikuti PKL Nasional. ANTARA/HO-IAIH Pancor NTB.

Mataram (ANTARA) - Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) nasional, dengan mengirimkan puluhan mahasiswa ke Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah (Lazis) Muhammadiyah Jawa Tengah.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari program prioritas di Fakultas Dakwah IAIH Pancor," kata Dekan Fakultas Dawah dan Komunikasi Islam IAIH Pancor Dr Ahmad Muzayyin di Mataram, Rabu.

Dia menjelaskan, Fakultas Dakwah menjadi fakultas pertama yang melaksanakan kegiatan PKL ke luar daerah di lingkungan IAIH Pancor. Untuk pelaksanaan PKL nasional ini dimulai sejak tanggal 12 Agustus 2024 sampai dengan 12 Oktober 2024.

"PKL ini dilaksanakan selama dua bulan penuh," katanya.

Baca juga: KKN Internasional IAIH Pancor Lombok di Thailand sukses dilaksanakan

Fakultas Dakwah IAIH Pacor merupakan fakultas yang paling luas wilayah keilmuan, sehingga lulusannya dapat berkiprah dan berkhidmat pada banyak bidang dan profesi di Tanah Air.

"Itulah alasan kami melaksanakan program PKL nasional," katanya .

Program itu juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran langsung kepada mahasiswa pada bidang pengelolaan zakat, infak, dan sedekah pada lembaga yang kredibel.

Program ini telah disusun dan menjadi program kerja nasional prioritas di Fakultas Dakwah IAIH Pancor.

"Kami ingin memberikan pengalaman dan pembelajaran langsung kepada mahasiswa kami untuk melaksanakan PKL pada lembaga-lembaga besar dan bertaraf nasional dan internasional," katanya .

Baca juga: KKN IAIH Pancor Lombok Timur tanam 100 pohon di Bali

Sementara itu, Wakil Rektor IAIH Pancor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdul Hayyi Akrom mengatakan, kegiatan tersebut menjadi bagian dari cara IAIH Pancor untuk memfasilitasi berbagai minat, kreativitas, dan kemampuan mahasiswa pada tingkatan yang lebih luas..

"Sekaligus sebagai syiar kampus," katanya.

Ia berharap kegiatan-kegiatan bertarap nasional dan internasional dapat terus dilaksanakan oleh seluruh jajaran IAIH Pancor, sehingga ke depan mahasiswa dapat tampil dan memberikan kontribusi pada berbagai tempat dan tingkatan baik di dalam dan luar negeri.

"Kami berharap lulusan IAIH Pancor dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Fakultas Dakwah IAIH NW Lotim gelar acara Festival Akhir Semester ke-2
Baca juga: Puluhan mahasiswa IAIH Pancor Lombok Timur KKN di Thailand
Baca juga: KKN Internasional IAIH Pancor tanam pohon di Budo-Su-Ngai Nasional Park dan Mayo Thailand
Baca juga: IAIH Pancor realisasikan program pengabdian Internasional ke Thailand