Diarak ribuan simpatisan, Eri-Armuji daftar pilkada 2024 di KPU Surabaya

id Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, Armuji, Pilkada Kota Surabaya, KPU Surabaya, Pendaftaran Calon Wali Kota Surabaya

Diarak ribuan simpatisan, Eri-Armuji daftar pilkada 2024 di KPU Surabaya

Eri Cahyadi (tengah) bersama dengan Armuji (kanan) saat mendaftar pilkada ke kantor KPU Kota Surabaya. ANTARA/Indra Setiawan

Surabaya (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur menerima pendaftaran bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi - Armuji dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
Ketua KPU Kota Surabaya Soeprayitno di Kota Surabaya, Rabu mengatakan pihaknya mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat baik itu pimpinan partai politik, tim bakal pasangan calon terkait penyelenggaraan Pilkada di Kota Surabaya.
 
"Kami KPU Kota Surabaya, seluruh komponen Kota Surabaya berkomitmen menyelenggarakan Pilkada yang langsung umum bebas rahasia serta jujur maupun adil," katanya di sela penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi -Armuji di kantor KPU Kota Surabaya.

Ia mengatakan, pada Pilkada tahun 2024 ini, baik peserta pemilihan, pemerintah maupun masyarakat memiliki komitmen yang sama yaitu menjaga integritas masing-masing sehingga tahapan-tahapan Pilkada akan berjalan dengan lancar dan sukses sampai pemungutan suara yang akan berlangsung pada 27 November 2024.
 
"Pendaftaran ini berlangsung hingga 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB," ujarnya.

Baca juga: Eri Cahyadi ziarah ke mendiang ayahanda sebelum daftar ke KPU Surabaya
 
Ia mengatakan, KPU Kota Surabaya mengajak seluruh lapisan masyarakat seluruh elemen kota yang telah terdaftar sebagai pemilih untuk berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya pada hari H pencoblosan yaitu 27 November 2024.
 
KPU Surabaya juga memastikan bahwa Pilkada 2024 ini tidak akan diikuti oleh calon perseorangan, sehingga seluruh kontestasi akan bergantung pada partai politik yang mampu mengusung calon mereka.
 
"Kami pastikan Pilkada Kota Surabaya kali ini tanpa calon independen, semua pasangan calon akan berasal dari partai politik," katanya.
 
Hingga saat ini, pasangan petahana Eri Cahyadi dan Armuji, yang populer dengan sebutan Erji, menjadi satu-satunya pasangan calon yang diusung 18 partai politik di Surabaya.
 
Setelah tahap pendaftaran pasangan calon, KPU akan melanjutkan proses tahapan Pilkada Kota Surabaya dengan pemeriksaan kesehatan para calon.
 
"Pemeriksaan kesehatan ini akan berlangsung dari tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2024 di RSUD Soewandhi, Surabaya," kata dia.
 
Namun demikian, kekhawatiran terkait Pilkada Kota Surabaya yang hanya akan diikuti satu pasangan calon, yakni Eri-Armuji, mulai muncul di tengah masyarakat.
 
Soeprayitno menekankan bahwa KPU tidak ingin berspekulasi terlalu dini terkait kemungkinan pasangan Erji berhadapan dengan kotak kosong.
 
"KPU akan terus menunggu proses pendaftaran hingga batas waktu yang telah ditentukan. Kami tidak ingin berandai-andai mengenai hasil akhir pendaftaran," ujarnya.