Fesyar Jawa 2024 dukung pengembangan UMKM syariah

id Fesyar Jawa 2024 ,UMKM syariah

Fesyar Jawa 2024 dukung pengembangan UMKM syariah

Pemilik Alya Batik, Tiwi Pontjdowati, yang berpartisipasi dalam pameran produk UMKM Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2024, sedang menata produk kain batik tulisnya di Surabaya, Jumat (13/9/2024). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

Surabaya (ANTARA) - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur Mohamad Noor Nugroho mengatakan penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2024 mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) syariah terutama di kawasan Jawa.
 

"Terkait dengan Fesyar ini, kita mencoba showcasing apa perkembangan ekonomi syariah yang sudah dicapai di Jawa Timur khususnya dan secara umum di seluruh wilayah Jawa,” kata Nugroho kepada awak media di sela-sela Fesyar Jawa 2024 di Surabaya, Jumat.

Fesyar Jawa 2024 mengangkat tema Sinergi untuk Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Syariah Jawa. Ia berharap sinergi yang semakin erat di antara seluruh pemangku kepentingan, termasuk Bank Indonesia, pemerintah, pelaku UMKM, industri dan lembaga jasa keuangan, dapat memajukan ekonomi syariah Indonesia ,termasuk UMKM syariah.

Senada dengan Nugroho, Pemilik Alya Batik, Tiwi Pontjdowati, yang berpartisipasi dalam pameran produk UMKM pada festival tersebut menuturkan Fesyar turut membantu dirinya untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya ke masyarakat luas.

Ia berharap melalui partisipasi pada Fesyar ini, omset penjualan produknya dapat semakin meningkat dan produk kain batiknya dapat semakin dikenal pada kalangan masyarakat luas.

"Mudah-mudahan dengan adanya Fesyar ini nanti pendapatan kita bisa bertambah khususnya pada saat pameran ini bisa menopang perekonomian para UMKM ya dan otomatis dengan pendapatan bertambah juga akan membantu para emak-emak yang menyanting di rumah supaya dapurnya itu tetap mengepul," ujarnya saat ditemui wartawan di pameran.

Alya Batik merupakan salah satu UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Jawa Timur, yang memproduksi kain batik tulis, batik cap dan semi tulis.

Baca juga: PLN NTB dorong pengembangan produk olahan berbasis mangrove dan kepiting
Baca juga: STAN: UMKM di NTB perlu optimalkan peluang dalam pemasaran digital


Kegiatan Fesyar Jawa 2024 meliputi Sharia Economic Forum Seminar and Talkshow yang mengulas topik-topik hangat seputar eksyar seperti pengembangan ekosistem produk halal, pemberdayaan UMKM syariah, dan optimalisasi dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (Ziswaf) di era digital.

Acara itu juga diintegrasikan dengan Sharia Fair yang menampilkan UMKM syariah unggulan, business matching, dan beragam lomba menarik.