Bupati pastikan tiga Gili aman dikunjungi wisatawan

id Bupati,pastikan tiga Gili aman,dikunjungi wisatawan,NTB

Bupati pastikan tiga Gili aman dikunjungi wisatawan

Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Najmul Akhyar saat berkunjung ke kawasan tiga gili (Trawangan, Meno, dan Air).

Tidak perlu khawatir ada kejahatan yang biasa terjadi pascabencana alam karena sudah banyak apparat yang ditugaskan menjaga tiga gili
Lombok Utara (Antaranews NTB) - Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Najmul Akhyar memastikan kawasan tiga gili aman dikunjungi wisatawan pascagempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Pulau Lombok, Minggu (5/8) malam.

Tiga gili itu adalah Trawangan, Meno, dan Air yang berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, katanya saat berkunjung ke tiga pulau andalan pendapatan daerah Lombok Utara itu, Kamis.

Diakuinya, tiga gili itu tidak luput dari goncangan gempa bumi. Bahkan kawasan yang menjadi andalan utama pendapatan daerah Lombok Utara itu lumpuh total.

Namun, kerusakan yang diakibatkan gempa bumi tidak semasif yang ada di daratan. Sekitar 10 bangunan industri pariwisata di tiga gili mengalami rusak ringan.

Bupati bersama unsur TNI dan Polri serta jajaran pejabat pemerintahan dalam kunjungannya mengatakan kerusakan infrastruktur yang ada di tiga gili tidak separah kerusakan di daratan. Hanya sekitar 10 persen. "Artinya masih banyak bangunan yang bisa di manfaatkan," katanya.

Menurut Bupati, untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata di Lombok Utara merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Namun tidak terlalu banyak kesulitan yang dihadapi. Yang penting sekarang bagaimana cara menyampaikan kepada wisatawan maupun masyarakat bahwa kondisi di tiga gili sudah sangat aman. Kenyamanan seperti biasa dan sangat aman.

"Tidak perlu khawatir ada kejahatan yang biasa terjadi pascabencana alam karena sudah banyak apparat yang ditugaskan menjaga tiga gili," ujarnya.

Dijelaskannya, pada 19 Agustus 2018 pihaknya akan mendatangkan wisatawan, bekerjasama dengan perusahaan transportasi wisatawan seperti Eka Jaya dan para pelaku wisata sekaligus, mendeklarasikan bahwa pulau wisata tiga gili sudah pulih pascabencana. Demikian juga dengan destinasi wisata yang ada di daratan.

"Saya berharap masyarakat khususnya di tiga gili itu untuk tidak terus-terusan larut dalam kesedihan. Mari kita bangkit kembali membangun sektor pariwisata kita. Kita ingin tiga gili kembali normal, karena kita tahu bahwa tiga gili merupakan sektor terpenting dalam roda perekonomian kita di Lombok Utara.

Saya akan minta Kadis Pariwisata untuk segera melakukan rapat bersama semua pelaku wisata di tiga gili. Kami ingin memulihkan Bersama image tiga gili ini pascabencana gempa," tambahnya.

Bupati menyampaikan, kondisi tiga gili bisa pulih dengan kerja sama semua pihak terlebih para pelaku wisata.

"Saya yakin wisatawan akan datang kembali ke tiga gili. Bahkan akan menjadi daya Tarik tersendiri ketika rasa keingintahuan wisatawan yang ingin mengetahui kondisi tiga gili pascabecana gempa terjadi," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pemilik usaha di tiga gili, Matteu kepada Bupati mengaku siap membangkitkan kembali pariwisata di tiga gili. Namun, untuk tahap awal ini pihaknya akan memulihkan bangunan yang mengalami kerusakan.

"Dalam waktu dekat kami akan kembali mempromosikan dan memastikan tiga gili sudah normal kembali," katanya. (*)