Praktisi : Pola hidup sehat mampu mencegah stroke sejak dini

id pola hidup sehat,penyakit stroke

Praktisi : Pola hidup sehat mampu mencegah stroke sejak dini

Edukasi bahaya stroke dan pola hidup sehat kepada mahasiswa, Bandarlampung, Sabtu, 07/12/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang banyak di derita masyarakat, sehingga penting bagi masyarakat untuk mencegah penyakit stroke sejak dini dengan pola hidup sehat, kata praktisi kesehatan dari Rumah Sakit  Immanuel Bandar Lampung dr Ruth Mariva.
 
"Stroke merupakan penyakit yang cukup membahayakan, serta penyebab kecacatan nomor satu, sehingga kita perlu lebih peduli mencegah penyakit ini," ujar dr Ruth Mariva dalam seminar nasional farmasi di Bandarlampung, Sabtu.

Menurut dia penyakit stroke terdiri atas dua jenis yaitu stroke sumbatan serta stroke pendarahan, sehingga stroke menjadi penyakit membahayakan karena dapat menjangkit siapapun dari semua kalangan.

"Stroke merupakan penyakit membahayakan karena dapat terjadi di kondisi yang tidak terduga, sehingga perlu untuk mencegahnya sejak dini, dengan cara menjaga pola hidup sehat, serta mengobati faktor resiko," ujarnya.

Menurut dia, di era masa kini banyak orang yang menjalankan pola hidup instan, sehingga guna mencegah penyakit stroke perlu merubah pola hidup sejak dini.

"Untuk mencegah penyakit stroke kita dapat melakukan beberapa upaya yaitu, makan empat sehat lima sempurna, istirahat cukup, mengurangi stres dengan berfikir positif, dan berolah raga," ujarnya.

Menurut dia, lebih baik bila mencegah serta mengubah pola hidup sehat sejak dini, dari pada mengobati dengan mengeluarkan banyak biaya.

Baca juga : Konsultan Neuro: Usia muda bisa terkena penyakit Stroke

 

Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar