Basarnas Mataram mengantisipasi kejadian membahayakan saat libur panjang

id Basarnas Mataram,Apel Siaga Khusus,Libu Nasional

Basarnas Mataram mengantisipasi kejadian membahayakan saat libur panjang

Kepala Basarnas Mataram, Nanang Sigit PH, memimpin apel siaga SAR yang digelar di markas Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, NTB, Senin (26/10/2020). ANTARA/Awaludin

Mataram (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka mengantisipasi kejadian membahayakan nyawa manusia yang berpotensi terjadi saat libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

Apel gelar pasukan sesuai protokol kesehatan COVID-19 tersebut dipimpin oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram Nanang Sigit P.H. di Mataram, Senin.

"Dalam pelaksanaan siaga SAR khusus ini menerapkan prosedur protokol kesehatan. Mulai dari pakaian, kemudian tata caranya, dan standar operasional prosedur disesuaikan dengan kondisi COVID-19 saat ini," kata Nanang.

Ia mengatakan siaga SAR khusus akan dilaksanakan mulai 27 Oktober hingga 2 November 2020. Para personel akan ditempatkan di pelabuhan dan tempat-tempat wisata, di antaranya Pelabuhan Lembar, Bangsal, Pantai Senggigi, Cemare, Pidana, Lawata, dan kawasan wisata lainnya.

Ia menekankan kepada personelnya agar dalam pelaksanaan siaga SAR khusus, selalu berkoordinasi dengan unsur terkait di lokasi kegiatan.

"Saya minta jaga penampilan, sikap maupun protokol kesehatan yang kita jalani, agar tetap menjadi insan atau abdi negara yang disiplin sehingga bisa memberikan contoh yang baik untuk masyarakat," ujarnya.

Nanang juga berpesan kepada personelnya agar dalam melaksanakan tugas di lapangan itu tetap menjaga semangat dan selalu memperhatikan faktor keamanan.

"Tetap semangat dalam melaksanakan siaga SAR khusus, hati-hati dan tetap menjaga keselamatan, perhatikan keamanan baik untuk diri sendiri, tim dan juga untuk masyarakat yang ada di lokasi," katanya.