Gegara ledakan aki 75 rumah di Batu Rotok hangus terbakar, BPBD distribusi bantuan malam ini

id Kebakaran

Gegara ledakan aki 75 rumah di Batu Rotok hangus terbakar, BPBD distribusi bantuan malam ini

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar pasar loak di Karang Ketug, Gadingrejo, Kraton, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (4/11/2020) malam. Enam mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi tersebut untuk memadamkan sekitar 82 lapak yang terbakar dan belum diketahui penyebab kebakaran namun kerugian diperkirakan ratusan juta. ANTARA FOTO/Ahmad Jainuri/foc.

Sumbawa (ANTARA) - Sebanyak 75 rumah di Desa Batu Rotok Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa hangus terbakar, Sabtu (7/11) sekitar pukul 15.10 WITA.

Kebakaran tersebut diakibatkan oleh meledaknya aki di salah satu rumah warga setempat sehingga menyebabkan puluhan rumah tersebut rata dengan tanah.

Api cepat menyebar dan melahap puluhan rumah tersebut, akses yang sulit menuju desa tersebut menyebabkan tidak adanya bantuan pemadam kebakaran yang cepat. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB Ir I Gusti Bagus Sugihatha dalam laporannya mengatakan, korban terdampak 91 kepala keluarga atau 280 jiwa, sementara korban jiwa tidak ada.

Saat ini BPBD Provinsi NTB terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumbawa dan Dinas Sosial Provinsi NTB untuk menangani korban dampak kebakaran. 

 BPBD Provinsi NTB saat ini telah menyiapkan bantuan logistik untuk didistribusikan ke lokasi kejadian bencana kebakaran, berupa selimut, terpal, matras, family kidware, paket kebersihan, celana dalam, pembalut, dan pakaian sekolah. 

Sementara kebutuhan yang mendesak adalah hunian sementara, selimut, terpal, makanan siap saji, dan air mineral.

Sementara itu, ketua Sentral Komunikasi (Senkom) Sumbawa, Abdul Karim, mengatakan, malam ini BPBD provinsi NTB akan mengirim bantuan ke daerah bencana kebakaran seperti 250 lembar terpal, 250 selimut, peralatan keluarga 20 boks, perlengkapan kebersihan 20 boks, tikar 20 lembar dan paket sandang 50 lembar.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Dinas sosial Sumbawa agar segera menghitung jumlah jiwa terdampak agar segera dibantu termasuk kebutuhan beras yang akan dikeluarkan dari Bulog untuk tujuh hari ke depan," katanya. 

Sementara pihak Polres Sumbawa masih kesusahan mengakses ke lokasi karena situasi jalan yang rusak.

Saat ini kobaran api sudah berhasil di padamkan pada pukul 19.24 WITA, masyarakat terus berupaya membersihkan sisa-sisa puing bangunan yang hangus akibat kebakaran.

Desa Batu Rotok adalah desa yang berada di dataran tinggi serta akses yang masih sulit sehingga pemadam kebakaran tidak dapat menuju ke desa tersebut.