PETANI TEMBAKAU LOMBOK TIMUR BUTUH INFORMASI MUSIM

id



          Lombok Timur,NTB,7/12 (ANTARA)- Petani tembakau di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, sangat butuh informasi tentang  musim tanam agar kasus gagal panen pada musim tanam tembakau 2010  tidak terulang kembali.

         "Gambaran cuaca pada musim tanam tembakau tahun 2011 sangat dibutuhkan petani," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lombok Timur, H. Soemantoro, di Selong, Selasa
    Ia mengemukakan, para petani tembakau di Lombok Timur selama ini belum memahami tentang perkiraan musim tanam tembakau sehingga mereka sering mengalami kerugian yang cukup besar.

        Cuaca ektrem dan tidak bersahabat seperti pada musim tanam  2010 menyebabkan tanaman tembakau milik petani banyak yang rusak, akibatnya banyak petani merugi hingga puluhan juta rupiah.

        Karena itu, petani perlu dibekali pengertian mengenai perkiraan  cuaca untuk mulai bertanam.

        Jajaran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diharapkan bisa membantu memberikan pemahaman kepada petani tembakau mengenai perkiraan cuaca ini.

        Selain itu, ia juga meminta pengusaha membantu memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada para petani tembakau binaannya mengenai musim tanam tembakau yang baik. (*)