MAKAN DELAPAN BUAH-BUAHAN TERLALU BANYAK ?

id



Jakarta (ANTARA) - Apakah layak untuk memakan lima buah-buahan dan sayur-sayuran dalam sehari?Anjuran makan "5 buah-buahan dalam sehari" muncul dari sebuah dokumen Organisasi Kesehatan Dunia pada 2002, dan didukung oleh banyak pemerintah.

Pertanyaan itu pernah dilontarkan dalam sebuah studi dari 300 ribu orang Eropa di delapan negara yang menemukan memakan delapan buah-buahan dalam sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 22 persen, dibandingkan dengan orang yang memakan kurang dari tiga porsi, sebagaimana dikutip dari jurnal New Scientist.

Namun Francesca Crowe dari University of Oxford yang terlibat dalam penelitian, mengatakan secara umum risiko serangan jantung kronis akan turun sekitar 4 persen dengan memakan buah atau sayur, terlepas dari jumlah yang dikonsumsi setiap hari.

Makan delapan buah (buah-buahan) itu terlalu banyak? "Ini mungkin berlebihan," kata Crowe. "Lima buah-buahan dalam sehari sudah cukup, tetapi tidak salah jika orang ingin mengkonsumsi lebih banyak, karena akan mendapatkan manfaat tambahan."

Pada April tahun lalu, Menurut penelitian memakan lima porsi buah-buahan dalam sehari hari dapat mengurangi resiko kanker sebanyak 9 persen. (*)