Pemkot segera menyiapkan rencana penataan tugu Mataram Metro

id tugu,mataram,metro

Pemkot segera menyiapkan rencana penataan tugu Mataram Metro

Tugu Mataram Metro di Jalan Lingkar Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, segera menyiapkan rencana penataan terhadap tugu Mataram Metro atau gerbang masuk utama Kota Mataram dari bagian selatan yang menjadi jalur cepat menuju Bandara Internasional Lombok.

"Secara visual tugu Mataram Metro yang dibangun dengan desain modern namun tetap mengakomodasi kearifan lokal dan falsafah mutiara sebagai salah satu produk unggulan Kota Mataram, sudah bagus. Tinggal kami tata lanskapnya," kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Selasa.

Menurutnya, dalam rencana penataan lanskap tugu Mataram Metro dengan ketinggian 50 meter itu tidak ada konstruksi tambahan seperti desain awal ketika tugu dibangun akan dilengkapi dengan fasilitas lift dan pembangunan jalan bawah tanah.

"Lanjutan penataan pembangunan monumen kita sesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas anggaran," katanya.

Terkait dengan itu, untuk perencanaan dan kebutuhan anggaran akan disiapkan melalui APBD perubahan 2021. "Besarannya, tentu akan dihitung dulu secara teknis," katanya.

Ia mengatakan, penataan tugu Mataram Metro yang sarat dengan kearifan lokal, menjadi prioritas karena merupakan wajah kota sehingga harus dibenahi bertahap sebab keberadaanya  sudah menjadi ikon Kota Mataram.

"Tugu Mataram Metro ini menjadi kesatuan ikon kota dengan Gapura Tembolak Pelagi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman sebelumnya mengatakan jika berpatokan rencana besar awal pembangunan monumen kebutuhan anggaran diprediksi sekitar Rp6-7 miliar lagi.

Anggaran itu untuk penataan lanskap berupa pembuatan air mancur dan taman, selain itu pembangunan jalan bawah tanah (underpass) sekitar 100 meter dari arah selatan, fasilitas lift untuk naik ke tugu melihat keindahan kota dan sekitarnya dari ketinggian 50 meter serta penataan areal parkir.

"Sejauh ini rencana besar itu masih belum bisa kita apa-apakan karena terkendala anggaran," katanya.

Meskipun penataannya belum bisa dilanjutkan sesuai desain awal, tambahnya, tidak mempengaruhi konstruksi bangunan yang sudah ada sebab pada dasarnya secara fisik untuk tugu sudah rampung.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar