Dispar Mataram sebutkan PPKM level tiga tidak pengaruhi okupansi hotel

id ppkm,hotel,mataram

Dispar Mataram sebutkan PPKM level tiga tidak pengaruhi okupansi hotel

Dokumentasi - Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (tengah batik hitam) mengecek kesiapan pelayanan sejumlah hotel di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam rangka menyambut tamu World Superbike (WSBK). Kamis (18/11/2021). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan pemberlakuan PPKM level tiga secara nasional di akhir tahun, tidak akan mempengaruhi tingkat okupansi hotel di Mataram.

"Kami bahkan prediksi okupansi hotel di akhir tahun akan naik hingga 90 persen, khususnya untuk menyambut Tahun Baru 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Kamis.

Proyeksi tersebut disampaikan Denny, karena adanya pemberlakuan PPKM level tiga mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, akan membuat masyarakat lebih memilih hotel sebagai tempat berlibur menyambut Tahun Baru.

"Level tiga membatasi masyarakat berkegiatan di tempat wisata guna menghindari kerumunan, sehingga hotel yang sudah melaksanakan standar protokol kesehatan COVID-19 akan menjadi alternatif pilihan tepat," katanya.

Dengan demikian, ia menyakini rencana pemberlakuan PPKM level tiga itu tidak mempengaruhi penurunan okupansi hotel yang saat ini tercatat sudah kembali normal setelah perhelatan akbar World Superbike (WSBK).

"Hal itu sesuai laporan dari pemilik hotel, dalam dua pekan setelah WSBK kembali normal dengan tingkat hunian 50-60 persen," katanya.

Dalam kesempatan ini, ia mengungkapkan pelaku pariwisata khususnya perhotelan, bangga dan ikut senang dengan suksesnya perhelatan akbar WSBK di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Menurut dia, kegiatan yang dapat menggerakkan perekonomian lokal tersebut dinilai memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan pariwisata yang selama ini vakum akibat pandemi COVID-19

"Karena itu, pelaku pariwisata terus kita dorong bersiap untuk menyambut peningkatan hunian pada akhir tahun," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022