Menparekraf akan mempromosikan Festival Bau Nyale

id Bau Nyale,Menparekraf

Menparekraf akan mempromosikan Festival Bau Nyale

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno direncanakan hadir pada Festival Bau Nyale di Pantai Seger Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat guna mempromosikan tradisi warga Sasak tersebut.

"Pak Meteri Sandiaga Uno akan hadir langsung di malam puncak Bau Nyale tanggal 20-21 Februari 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, H Lendek Jayadi selesai rapat koordinasi persiapan Festival Bau Nyale di kantor Bupati Lombok Tengah, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Menparkeraf juga akan ikut berbaur dengan masyarakat untuk menangkap cacing laut di Pantai Seger yang dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika yang ke luar setiap tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak.

"Akan ikut tangkap nyale. Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat untuk mendukung event Bau Nyale untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.



Ia juga mengatakan, sesuai informasi dari pemerintah pusat, Menparekraf juga akan menginap di Homestay atau camping groud sekaligus untuk mengecek kesiapan akomodasi penginapan penonton ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika bulan Maret 2022 mendatang.

"Beliau juga akan mengecek langsung kesiapan akomodasi penginapan Homestay, Sarunta dan Hotel di lingkar Sirkuit Mandalika,' katanya.

Bau Nyale tahun ini masih di masa pandemi, sehingga pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Semua kegiatan yang dilaksanakan juga lebih mengedepankan seni dan budaya yang merupakan tradisi masyarakat Lombok.

"Atraksi seni dan budaya yang lebih ditonjolkan dalam Bau Nyale tahu ini," katanya.

Beberapa kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan guna mendukung dan mensukseskan Bau Nyale ini seperti Pemilihan Putri Mandalika, Lomba membaca lontar, wayang, lomba balap perahu, preasean, Carnaval Mandalika dan kegiatan budaya lokal lainnya.

"Semua kegiatan itu tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga untuk carnaval dilaksanakan ditempat tertutup untuk membatasi jumlah penonton," katanya.

"Kegiatan perayaan Bau Nyale tahun ini juga dipusatkan di lima titik yakni Pantai Tanjung An, Pantai Dondon, Pantai Selong Belanak, Pantai Lancing dan Pantai Torok Aik Belek," katanya.