Ukraina selangkah lagi ke Piala Dunia 2022, setelah Kalahkan Skotlandia 3-1

id Ukraina,Skotlandia,Kualifikasi Piala Dunia 2022,Wales,Andriy Yarmolenko,Roman Yaremchuk,Artem Dovbyk,Callum McGregor

Ukraina selangkah lagi ke Piala Dunia 2022, setelah Kalahkan Skotlandia 3-1

Pemain timnas Ukraina merayakan keberhasilan mereka mengalahkan Skotlandia dengan skor 3-1 pada semifinal playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa jalur A di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (1/6/2022).(ANTARA/Action Images via Reuters/LEE SMITH)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Ukraina selangkah lagi tampil dalam Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Skotlandia 3-1 pada semifinal playoff kualifikasi zona Eropa jalur A di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Kamis dini hari WIB.

Ukraina memenangkan pertandingan berkat gol yang dicetak oleh Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk dan Artem Dovbyk, sedangkan Skotlandia membalas satu gol melalui Callum McGregor.

Kemenangan ini membawa Ukraina tampil dalam playoff terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa jalur A menghadapi Wales di Stadion Cardiff City, Cardiff, Wales, Sabtu malam waktu setempat.

Pada babak pertama, Ukraina mengambil inisiatif menyerang dan sempat menciptakan tiga peluang dalam 25 menit pertama, namun aksi gemilang kiper Skotlandia Craig Gordon mematahkan upaya tersebut.

Ukraina unggul lebih dulu pada menit ke-33 ketika penyerang West Ham Andriy Yarmolenko lolos dari jebakan offside dan melepaskan tendangan yang tak bisa dijangkau Gordon sehingga skor berubah 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Lombok FC meluncurkan tim dan perkenalkan pemain untuk Liga 3

Ukraina menggandakan keunggulan ketika babak kedua baru berjalan empat menit saat umpan lambung Oleksandr Zinchenko disambut sundulan Yaremchuk guna mengubah skor menjadi 2-0.

Tertinggal dua gol membuat Skotlandia tertekan apalagi suporter mereka mulai meneriaki mereka, namun skuad asuhan Steven Clark bisa keluar dari tekanan untuk memperkecil ketertinggalan pada menit 79.

Berawal dari upaya kiper Ukraina Heorhiy Bushchan yang gagal meninju bola di kotak penalti, McGregor merebut bola untuk mengarahkannya ke gawang Ukraina guna mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Mendapatkan harapan, Skotlandia justru kembali kebobolan pada tambahan waktu babak kedua pada menit 90+5 ketika umpan terobosan Zinchenko diteruskan oleh Artem Dovbyk.

Setelah menerima umpan ini Dovbyk yang tinggal satu lawan satu menghadapi Gordon, tidak kesulitan membobol gawang Skotlandia dengan menggunakan kaki kirinya dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk Ukraina.

Hasil ini membuat Skotlandia kembali mengubur mimpi lolos putaran final Piala Dunia setelah terakhir kali melakukannya pada edisi 1998 di Prancis, demikian Reuters.