PT adaptif cegah bangku kosong di SBMPTN

id SBMPTN 2022,Kemdikbudristek

PT adaptif cegah bangku kosong di SBMPTN

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari (dua dari kanan) menyampaikan Hasil Seleksi Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 di Gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta, Kamis (23/6/2022). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan perguruan tinggi (PT) harus adaptif meningkatkan minat mahasiswa untuk memilih jurusan tertentu sehingga mencegah bangku kosong atau daya tampung tidak terpenuhi pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri berikutnya.

“Memang ada bangku kosong yang tadi kita sampaikan karena kekurangan peminat bukan karena disimpan untuk dijual beli,” kata Ketua LTMPT Mochamad Ashari dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN Tahun 2022 di Gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta, Kamis.

Pada jalur SBMPTN 2022, sebanyak 192.810 peserta lulus dari total 800.852 peserta yang mendaftar. Namun, ada 20.596 kursi kosong atau daya tampung tidak terpenuhi, padahal jumlah daya tampung yang tersedia sebanyak 213.406 kursi.

Ia mengatakan pemerintah bisa membuat suatu program yang mendorong anak mendaftar di program studi tertentu, dan meningkatkan sosialisasi ke siswa untuk mengambil jurusan tertentu.

Baca juga: Kemendikbud pastikan pantauan hepatitis akut di sekolah