Musim pancaroba, pasien di Puskesmas Pagesangan meningkat

id Puskesmas Pagesangan

Musim pancaroba, pasien di Puskesmas Pagesangan meningkat

Istimewa

Mataram (ANTARA) - Memasuki musim pancaroba selama sebulan terakhir, pasien di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pagesangan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengalami peningkatan. 

"Sebelumnya, jumlah pasien yang datang kurang dari 100 orang per hari, kini sudah lebih dari 100 orang per hari," kata salah 
dr Vivia Sustriana petugas Puskesmas Pagesangan di Mataram, Rabu. 

Dikatakan, pasien yang datang lebih dari 100 orang per hari itu berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia (lansia) dengan keluhan penyakit berbeda. 

Menurutnya, ada beberapa jenis penyakit yang rentan terjadi pada musim pancaroba saat ini diantaranya demam berdarah dengue (DBD), infeksi saluran pernafasan (Ispa), dan Diare.

"Selama sebulan terakhir ini, DBD, Ispa dan diare paling banyak dikeluhkan pasien," katanya. 

Vivia menambahkan perlunya masyarakat menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari penyakit selama musim pancaroba. 

"Karena sekarang ini kan musim penghujan, jadi lingkungan sekitar di jaga kebersihannya, jangan sampai ada genangan atau sampah untuk menghindari penyakit seperti DBD dan diare," katanya. 

Sebelumnya, Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram, Lalu Martawang, Selasa (5/10), mengajak masyarakat membangun komunikasi antarwarga setempat dan bersiap-siap menghadapi anomali cuaca dengan berbagai upaya pencegahan penyakit. 

Misalnya, katanya, tidak membuang sampah sembarangan, melakukan gerakan 3M yakni membersihkan kamar mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, dan lainnya yang ada genangan air dan berpotensi menjadi tempat berkembangbiak jentik nyamuk penyebab DBD. 

"Dengan upaya itu, diharapkan kita bisa melindungi diri, keluarga, dan masyarakat yang menjadi bagian cara terbaik daripada harus mengobati," katanya.