Basarnas Kupang dalam kondisi siaga SAR liburan Natal

id NTT,basarnas kupang,SAR nataru,natal

Basarnas Kupang dalam kondisi siaga SAR liburan Natal

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur I Putu Sudayana (kiri) (ANTARA/Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) -
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur I Putu Sudayana mengatakan para anggota Basarnas di Pulau Timor, Sumba dan Rote saat ini sedang dalam kondisi siaga SAR selama liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Seluruh anggota Basarnas dalam wilayah kerja Kantor Basarnas Kupang dalam kondisi siaga SAR guna mengantisipasi adanya kecelakaan yang membahayakan manusia selama liburan Natal berlangsung," katanya di Kupang, Sabtu.

Ia mengatakan telah melakukan pemantauan secara langsung ke Posko SAR di Pelabuhan Tenau Kupang untuk melihat kesiapan para personil gabungan pengamanan dalam menghadapi arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kunjungan ke posko SAR di Pelabuhan Tenau untuk melihat secara langsung kondisi di posko di dermaga penyeberangan menjelang Natal dan Tahun Baru," kata I Putu Sudayana.

Ia mengatakan berdasarkan pemantauan langsung yang dilakukan, tim SAR gabungan yang terdiri dari jajaran Basarnas Kupang, Dinas Perhubungan, Pelni, Kantor Kesehatan Pelabuhan, KSOP, Navigasi, TNI AL, Babinsa, KP3L, Pom AL, Polsek Alak dalam kondisi siaga SAR.

I Putu Sudayana mengatakan, persiapan dilakukan untuk mewaspadai adanya peningkatan mobilitas saat libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut dia siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru ini rutin dilaksanakan dalam rangka memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa Basarnas dengan kekuatan personil yang dimiliki serta dukungan, peralatan, maupun sarana prasarana yang dimiliki siap siaga menghadapi kedaruratan baik kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia.

Dia mengatakan siaga SAR Natal dan Tahun Baru akan dilaksanakan selama 16 hari terhitung mulai tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

Baca juga: Basarnas Bali kerahkan 130 personel siaga liburan Nataru


Dalam siaga SAR Natal dan Tahun Baru kata dia Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang melaksanakan Siaga SAR dengan menempatkan anggota SAR di beberapa titik posko diantaranya Posko Pelabuhan Pelni, Posko Pelabuhan ASDP Bolok Kupang, Posko Bandara El Tari Kupang dan juga melakukan pemantauan di objek-objek wisata Kota Kupang.

Ia mengatakan siaga SAR dalam kaitan Natal dan Tahun Baru juga dilaksanakan oleh personil di Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur serta Unit Siaga SAR Rote Ndao dan Unit Siaga SAR Atambua, Kabupaten Belu.