Forum Pengurangan Bencana Mataram menyiapkan pengamanan Lebaran Topat

id Lebaran topat mataram,Persiapan lebaran topat,Antisipasi bencana,Forum pengurangan bencana

Forum Pengurangan Bencana Mataram menyiapkan pengamanan Lebaran Topat

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Mataram H Didi Sumardi, SH. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan pengamanan perayaan Lebaran "Topat" 1444 Hijriah yang dirayakan seminggu setelah Idul Fitri guna mengantisipasi berbagai potensi bencana.

"Standar operasional prosedur (SOP) pengamanan Lebaran 'Topat' atau Ketupat sudah kami siapkan," kata Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Mataram Didi Sumardi di Mataram, Senin.

Untuk pengamanan Lebaran Ketupat, katanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, serta berbagai unsur organisasi perangkat daerah terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, camat, serta lurah se-Kota Mataram.

"Kami tergabung dalam tim terpadu pengamanan perayaan Lebaran Topat, untuk antisipasi berbagai potensi bencana baik di laut maupun di darat," katanya.

Menurut Didi, Lebaran Topat tahun ini diprediksi akan terjadi lonjakan masyarakat terutama di kawasan pantai yang menjadi salah satu pusat perayaan Lebaran Topat.

Pasalnya, tahun ini menjadi tahun pertama perayaan Lebaran Topat tanpa ada pembatasan jumlah pengunjung akibat pandemi COVID-19, seperti tahun lalu.

"Jadi pengamanan 9 kilometer pantai di Kota Mataram akan diperketat, termasuk pengamanan di darat terkait kepadatan arus lalu lintas masyarakat yang akan Berlebaran Topat," katanya.

Terkait dengan itu, kata Didi yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mataram, untuk mengoptimalkan pengawasan dan pengaman, juga dilibatkan lebih dari 100 anggota Pramuka untuk membatu aparat TNI/Polri.

Anggota Pramuka tersebut, di sebar pada sejumlah titik objek wisata pantai termasuk posko-posko pengamanan terpadu, serta dua lokasi pusat perayaan Lebaran Topat yakni di Makam Loang Baloq Sekarbela dan Makam Bintaro Ampenan.