Pemkab Lombok Tengah memusatkan Lebaran Topat di Masjid Agung

id Lebaran Topat di Lombok Tengah,Lebaran Topat 2023,Lombok Tengah,Topat

Pemkab Lombok Tengah memusatkan Lebaran Topat di Masjid Agung

Acara rapat koordinasi penetapan lokasi lebaran Topat di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (26/4/2023) (ANTARA/Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, lokasi perayaan Lebaran Topat 1444 Hijriah/2023 dipusatkan di Masjid Agung Praya.

Wakil Bupati Lombok Tengah,HM Nursiah saat rapat koordinasi di Praya, Rabu mengatakan, tradisi Lebaran Topat merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda-beda.

Sehingga hal tersebut menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan terkait dengan lokasi pelaksanaan Lebaran Ketupat untuk 2023 yang mana bersamaan dengan pelaksanaan upacara hari Otonomi Daerah.

"Lokasi perayaan Lebaran Topat 2023 akan dilaksanakan di Masjid Agung Praya," katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah akan dilaksanakan di kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah dan dihadiri oleh semua Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Lebaran Topat itu dilaksanakan satu Minggu setelah Hari Raya Idul Fitri yakni hari Sabtu, tanggal 29 April 2023," katanya.

Sementara itu, Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya mengatakan, rapat yang dilaksanakan ini untuk mendiskusikan terkait dengan pelaksanaan tradisi masyarakat Lombok yakni Lebaran Topat untuk wilayah Kabupaten Lombok Tengah dan kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Kota Praya.

"Keputusan ini berdasarkan saran dan masukan dari pimpinan yang mana pelaksanaannya bersamaan dengan Hari Otonomi Daerah yang harus diperingati dengan pelaksanaan upacara bendera," katanya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Lebaran Topat itu akan dirangkaikan dengan pengumuman juara dan pembagian hadiah kepada peserta lomba Pawai Takbiran Lebaran 2203.

Pemkab Lombok Tengah juga pernah melaksanakan lebaran Topat 2022 di are Sirkuit Motor Croos Desa Lantan dan sebelumnya juga di Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika).