Polisi memperketat pengawasan pelabuhan Sape Bima menjelang KTT ASEAN

id Pelabuhan Sape Bima,KTT Asean di Labuhan Bajo,Polresta Bima,Bima

Polisi memperketat pengawasan pelabuhan Sape Bima menjelang KTT ASEAN

Anggota Polres Bima, Nusa Tenggara Barat saat melakukan apel pengamanan di Pelabuhan Sape menjelang KTT ASEAN di Labuhan Bajo, NTT (ANTARA/Humas Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Aparat gabungan Polres Kota Bima, Nusa Tenggara Barat bersama TNI meningkatkan pengawasan di wilayah penyangga Pelabuhan Sape menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN  ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Minggu mengatakan pengamanan di sejumlah wilayah tidak hanya dilakukan di Labuan Bajo, namun di sekitar wilayah penyangga terus diintensifkan untuk meningkatkan pengamanan menjelang KTT ASEAN tersebut.

"Sebagai wilayah penyangga yang berbatasan langsung dengan Labuan Bajo NTT. Kawasan Pelabuhan Sape menjadi fokus utama pengamanan sinergitas TNI-Polri di Bima," katanya.

Ia mengatakan hal itu dilakukan untuk memastikan situasi dan kondisi di sekitar perairan Sape dalam kondisi aman dan kondusif sehingga dirinya langsung turun mengecek persiapan pengamanan di pelabuhan Sape tersebut.

Selain itu, Kapolres langsung menuju Pos Satgas Penyangga yang berada di kawasan Pelabuhan Sape.

"Anggota diharapkan agar senantiasa berjaga sesuai SOP yang diterapkan," katanya.

Tidak itu saja, Kapolres juga mengingatkan pada seluruh personel gabungan agar selalu waspada dan memastikan situasi selalu terjaga dan selalu kondusif.

"Deteksi dini harus intens dilakukan, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama masyarakat Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mendeklarasikan komitmen untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di NTT.