106 Koptan di Lombok Tengah diberikan benih kedelai

id Kelompok tani Lombok Tengah,Tani Lombok Tengah,Lombok Tengah

106 Koptan di Lombok Tengah diberikan benih kedelai

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Muhammad Kamrin (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyalurkan bantuan benih kedelai dari Kementerian Pertanian untuk 106 kelompok tani (Koptan) di daerah setempat.

"Alhamdulillah tahun ini kita diberikan bantuan benih kedelai dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lombok Tengah, Mumahmad Kamrin di Praya, Senin.

Ia mengatakan, jumlah penerima bantuan bibit tersebut sebanyak 106 kelompok tani yang tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Jonggat dan Praya Barat. Sedangkan untuk luas bantuan benih kedelai yang diberikan itu mencapai 2575 hektare.

"Distribusi bantuan benih itu telah dilakukan," katanya.

Bantuan benih kedelai tersebut dipusatkan di dua kecamatan, karena para petani di wilayah tersebut tetap menanam kedelai meskipun tidak ada bantuan yang diberikan. Sedangkan untuk penyaluran kepada para petani dilakukan langsung oleh masing-masing pengurus kelompok tani.

Selain itu, para petani juga telah terbiasa menanam kedelai, sehingga diharapkan bantuan tersebut bisa berjalan dengan yang diharapkan.

"Untuk kecamatan lain, hanya fokus di dua kecamatan saja," katanya.

Program bantuan benih kedelai yang diberikan itu diharapkan dapat meningkatkan produksi para petani dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Selain itu, bantuan benih kedelai ini diberikan untuk mendukung dalam penyediaan benihnya yang berkesinambungan bagi para petani, sehingga petani tidak kesulitan dalam membeli benih kedelai.

"Bantuan ini diberikan secara gratis," katanya.