Sasaran Operasi Patuh Samrat terciptanya Kamseltibcarlantas

id Kapolda Operasi Patuh Samrat Kamseltibcarlantas,Polisi, Sulut

Sasaran Operasi Patuh Samrat  terciptanya Kamseltibcarlantas

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto. ANTARA/Jorie Darondo (1)

Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan sasaran pelaksanaan "Operasi Patuh Samrat" tahun 2023 yakni terciptanya keamanan keselamatan kelancaran dan ketertiban lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Harapan dengan dilaksanakannya operasi ini, masyarakat bisa semakin tertib khususnya di jalan raya," kata Kapolda, di Manado, Selasa. Dia menambahkan masyarakat bisa memperhatikan keamanan dan keselamatan bukan hanya terhadap diri sendiri, tetapi juga orang lain. "Juga menargetkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di daerah itu semakin menurun," katanya.

Untuk jangka panjang, lanjut Kapolda, operasi ini mengedepankan preemtif, preventif kemudian melakukan penindakan. Jadi melalui operasi ini juga bisa memberikan sosialisasi, edukasi kepada seluruh masyarakat bahwa aspek keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas itu sangat penting, tidak boleh dikesampingkan.

Untuk itu diharapkan masyarakat lebih tertib dari segi kendaraan yakni harus siap, jangan ada perubahan-perubahan spesifikasi yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain. Kemudian soal administrasinya dilengkapi begitu juga lain-lainnya. Kepolisian akan melakukan analisa dan evaluasi dalam pelaksanaan operasi ini. "Nanti akan lihat apakah angka pelanggaran dan kecelakaan secara kuantitas dan kualitasnya terjadi penurunan, atau tetap, atau naik," katanya.

Baca juga: Polresta Bogor Kota bentuk kampung patuh berlalu lintas
Baca juga: Polda NTB melibatkan propam gelar Operasi Patuh Rinjani 2023


Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Patuh Samrat tahun 2023 dilaksanakan10-23 Juli 2023.