1.937 jamaah asal NTB kembali dari Mekkah

id Haji NTB,Jamaah Haji NTB,Haji ,NTB,Kemenag NTB

1.937 jamaah asal NTB kembali dari Mekkah

Jamaah haji asal NTB saat tiba di Bandara Internasional Lombok (ANTARA/Humas Bandara Lombok)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok menyatakan sebanyak 1.937 jamaah haji atau lima kelompok terbang (Kloter) asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah tiba di Tanah Air setelah kembali dari Mekkah.

"Jumlah jamaah haji asal NTB yang telah pulang itu sebanyak 1.937 jamaah," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Hariyanto di Praya, Rabu.

Ia mengatakan, ribuan jamaah haji yang telah pulang itu merupakan kloter 1 asal Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah 385 jamaah, kloter 2 asal Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah 382 jamaah, kloter 3 asal Kabupaten Lombok Barat dengan jumlah 388 jamaah, kloter 4 asal Kota Mataram sebanyak 392 jamaah dan kloter 5 asal Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Lombok Timur sebanyak 390 jamaah.

"Jadwal kepulangan jamaah haji asal NTB itu dimulai 19 Juli hingga 2 Agustus 2023. Sehingga untuk kloter 6,7,8,9,10,11,12 dan 13 dipulangkan secara bertahap," katanya.

Ia mengatakan, jumlah jamaah haji asal NTB itu sebanyak 4.999 jamaah yang terbagi dalam 13 kloter baik itu kloter utuh maupun kloter campuran dari 10 kabupaten/kota di NTB. Sedangkan untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah haji Embarkasi Lombok di angkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Para jamaah dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia PK-GIK jenis B777-300ER," katanya.

Ia mengatakan, proses penjemputan jamaah haji dilaksanakan di Asrama haji Mataram, sehingga setelah tiba di Bandara Lombok, para jamaah dibawa menggunakan bus menuju asrama haji.

Proses keberangkatan dan kepulangan jamaah haji asal NTB saat ini tetap berjalan aman dan lancar sesuai dengan yang diharapkan, ujarnya.

"Penjemputan jamaah haji oleh keluarga dipusatkan di asrama Haji Mataram," katanya.