70TH RI - "BUMN hadir untuk negeri" berkah bagi masyarakat

id HUT ke-70 ntb

70TH RI - "BUMN  hadir untuk negeri" berkah bagi masyarakat

70 Tahun Kemerdekaan RI BUMN Hadir Untuk Negeri

...Menjelang HUT RI seluruh BUMN di bawah komando Menteri BUMN Rini M. Soemarno sibuk menggelar rapat koodinasi membahas berbagai persiapan untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan itu, termasuk kantor BUMN yang ada di
Mataram, (Antara NTB) - Suasana menjelang HUT Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, setidaknya bagi jajaran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang pada tanggal 17 Agustus 2015 menggelar berbagai kegiatan dengan tema "BUMN Hadir untuk Negeri".

Menjelang HUT RI seluruh BUMN di bawah komando Menteri BUMN Rini M. Soemarno sibuk menggelar rapat koodinasi membahas berbagai persiapan untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan itu, termasuk kantor BUMN yang ada di 34 provinsi, tidak ketinggalan di NTB.

Kegiatan BUMN yang diselenggarakan sebelum dan sesudah atau bertepatan dengan perayaan 17 Agustus 2015 itu sebagai wujud terima kasih seluruh BUMN kepada Nagara. Karena kehadiran dan peran BUMN tidak bisa lepas dari sejarah bangsa Indonesia.

Setidaknya ada tujuh kegiatan pokok yang akan dilaksanakan sebelum, sesudah, dan pada hari-H perayaan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI. Berbagai kegiatan itu menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Ini dihajatkan untuk mendekatkan perusahaan pelat merah kepada masyarakat sekaligus mempererat tali silaturahmi antar-BUMN.

Seluruh BUMN tampak kompak mendukung rencana berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-70 RI itu. Di Provinsi NTB, misalnya, tercatat 37 BUMN tengah melakukan sejumlah persiapan guna menyukseskan HUT Kemerdekaan dengan tagline "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Sebanyak 37 BUMN di Provinsi NTB menyatakan siap menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan mengusung tagline `BUMN Hadir untuk Negeri`," kata Putu Apriyanto selaku penanggung jawab (person in charge/PIC) perayaan HUT Ke-70 RI tingkat Provinsi NTB pada rapat koordinasi di Mataram, Rabu.

Pada rapat persiapan peringatan HUT Kemerdekaan yang dihadiri pimpinan BUMN, dia meminta seluruh pimpinan BUMN yang ada di NTB untuk berpatisipasi aktif dalam semua kegiatan dalam memeriahkan HUT kemerdekaan yang sekaligus mempererat silaturahmi antar-BUMN dan juga dengan masyarakat.

Putu Apriyanto yang juga Vice President Area Head Mataram Bank Mandiri dalam rangka meriahkan HUT RI di NTB akan menggelar berbagai kegiatan, antara lain jalan sehat dengan menempuh jarak 8 kilometer pada tanggal 16 Agustus. Kegiatan ini diikuti sekitar 1.500 orang karyawan BUMN dan keluarga, pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

Acara puncak pada tanggal 17 Agustus digelar upacara peringatan HUT RI yang diikuti perwakilan dari 37 BUMN yang ada di NTB. Kegiatan ini dipusatkan di Kantor Bank Mandiri Area Mataram Jalan A.A. Gede Ngurah No. 48 A-B Cakrenegara, Kota Mataram.

"Kami minta setiap BUMN mengirimkan minimal lima karyawan untuk mengikuti upacara HUT RI. Jumlah keseluruhan peseta kami sesuaikan dengan daya tampung lapangan parkir Bank Mandiri," katanya.

Upacara bendera peringatan HUT RI di Mataram akan dirangkai dengan penyerahan secara simbolis bantuan fasilitas laboratorium untuk 17 sekolah menengah kejuruan (SMK) di 10 kabuoaten dan kota di NTB.

"Pada sore harinya akan digelar pemutaran film layar tancap dengan judul `Garuda di Dadaku` bertempat di Taman Sangkareang, Kota Mataram," katanya.



Sembako Murah

Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 RI juga diisi dengan penjualan sebanyak 2.058 paket sembako murah senilai Rp100 ribu per paket yang dijual dengan harga Rp30 ribu/paket. Paket sembako itu berisi beras, kopi, teh, minyak goreng, dan susu kental manis.

"Kami mengharapkan para pimpinan BUMN di NTB ini untuk ikut berpartisipasi menjual paket sembako murah itu kepada masyarakat. Penjualan paket sembako didahului dengan pembagian/penjualan kupon dan ditukarkan dengan paket sembako pada tanggal 17 Agustus usai upacara peringatan HUT RI," katanya.

Putu Apriyanto berterima kasih kepada para pimpinan BUMN di NTB atas kesediaannya untuk terlibat secara langsung dalam berbagai kegiatan dalam memeriahkan HUT RI di daerah ini, termasuk dalam melaksanakan bakti sosial penjualan paket sembako murah.

Selain menjual paket sembako murah 37 BUMN di NTB juga akan melaksanakan program bedah rumah untuk 45 unit rumah veteran yang ada di NTB. Bantuan yang diberikan berupa material bangunan senilai sebesar Rp30 juta per unit. Pengerjaan rumah akan dilakukan oleh Zeni Korem 162 Wira Bakti.

"Kegiatan bedah rumah veteran siap dilaksanakan. Kami sudah berkoordinasi dengan Korem 162 Wira Bakti dan Legiun Veteran. Penyerahan bantuan bedah rumah akan dilaksanakan secara simbolis pada upacara peringatan 17 Agustus nanti," katanya.

Putu Apriyanto mengatakan peringatan HUT RI juga diisi dengan berbagai lomba, antara lain lomba hias gapura di 17 desa. Masing-masing lima pimpinan BUMN diminta menghadiri acara lomba tersebut.

Penentuan perwakilan BUMN yang akan menghadiri lomba di 17 desa dilakukan dengan cara diundi. Setiap desa akan dihadiri lima pimpinan BUMN yang ada di NTB. Bagi desa yang terbaik dalam menghias gapura diberikan hadiah jutaan rupiah.

Kegatan lain yang akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI di NTB adalah pembuatan "webpage" untuk menampung pendaftaran program siswa mengenal Nusantara dan kewajiban mengejar oleh direksi dan pejabat eselon I dan II Kementerian BUMN.

"Semua biaya kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di NTB ditanggung oleh PT Bank Mandiri dan Perum Damri," katanya.

Seluruh BUMN diminta memasang spanduk dan umbul-umbul logo 70 Tahun Indonesia Merdeka BUMN Hadir untuk Negara.

"Dengan semangat kemerdekaan, Kementerian BUMN beserta jajaran. Turut mendukung peran serta BUMN dalam memperingati hari kemerdekaan melalui gerakan BUMN Hadir untuk Rakyat," tutur Imam Apriyanto Putro, Sekretraris Kementerian BUMN dalam rapat koordinasi di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta (8/8).

Dalam mendukung pelaksanaannya, selain turun secara langsung bersama BUMN di 34 provinsi, pejabat eselon I beserta jajaran Kementerian BUMN melakukan pemasangan logo BUMN Hadir untuk Rakyat di media sosial masing-masing.

Saat ditanya mengenai pemasangan logo BUMN Hadir untuk Rakyat secara serentak dan bersama-sama, Imam memiliki alasan tersendiri.

"Saya berharap ini sebagai bukti soliditas dan semangat 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia untuk memperbaharui tekad dalam mewujudkan BUMN sebagai agen pembangunan (agent of development)," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, adanya ajakan untuk menggunakan logo tersebut sebagai "profile picture" media sosial masing-masing dibenarkan oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Kementerian BUMN Teddy Poernama.

"Kepada Seluruh Jajaran Kementerian BUMN, mari serentak menggunakan logo BUMN Hadir untuk Rakyat sebagai display/profile picture di media sosial masing-masing mulai 8 Agustus 2015 sampai dengan setelah perayaan 17 Agustus 2015. Sebagai bukti dukungan Kementerian BUMN dan Soliditas BUMN Membangun Negeri." tuturnya.

Sejatinya gerakan "BUMN Hadir untuk Negeri" dalam rangka memeriahkan HUT Ke-70 RI memberi berkah bagi masyarakat karena kegiatan tersebut tidak hanya upacara seremonial, tetapi juga berbagai kegiatan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat, termasuk para veteran yang telah berjuang untuk kemerdekaan RI.(*)