PAM Giri Menang jamin tidak ada penggiliran air

id Air Lombok Barat,PAM Giri Menang,Giri Menang,Air,Lombok Barat

PAM Giri Menang jamin tidak ada penggiliran air

Personel Polres Lombok Barat menyalurkan air bersih kepada masyarakat di Dusun Penanggak, Desa Batulayar, Lombok Barat, NTB, Selasa (12/9/2023). Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, sebanyak 577.025 jiwa di 335 desa di NTB saat ini mengalami kesulitan air bersih akibat dampak kekeringan. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/Spt.

Gerung, Lombok Barat (ANTARA) - PT Air Minum Giri Menang (Perseroda) menjamin tidak ada penggiliran air kepada warga saat memasuki puncak musim kemarau.

"Sampai saat ini belum saya lakukan itu, karena puncak kemarau akan segera berakhir, dan tanda-tanda musim hujan juga sudah ada," kata Direktur Utama (Dirut) PAM Giri Menang, Lalu Ahmad Zaini, saat ditemui di sela-sela kegiatan penyaluran program gratis tagihan air bersih di aula Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis.

Menurut dia, saat ini PAM Giri Menang sedang berfokus pada pendistribusian air ke tempat-tempat yang dilanda kekeringan secara bergilir.

Kata dia, langkah ini merupakan upaya sosial dari PAM Giri Menang bersama pemerintah daerah setempat menyikapi fenomena kekeringan yang melanda sejumlah titik khususnya yang ada di Lombok Barat.

"Kalau Kepala Desa umpamanya membutuhkan air untuk masyarakatnya, tinggal bersurat, hanya banyaknya permintaan ini membuat durasi pengiriman diatur lebih lanjut," katanya.

Ia menjelaskan, setiap hari PAM Giri Menang mendistribusikan setidaknya 25.000 liter air bersih dengan lima truk pengangkut air.

"Tetap lima mobil ini keliling dari pagi sampai siang, dan tidak semua lokasi itu bisa dijangkau oleh driver," tambahnya.

Karena itu, ia mengimbau komunitas masyarakat atau orang-orang yang peduli terhadap kekeringan, dapat menggunakan mobil tangki pribadinya untuk mengisi air secara langsung di PAM Giri Menang, serta didistribusikan kepada masyarakat.