Renovasi Sentra Kuliner Wisata Ampenan NTB hampir rampung

id lapak kuliner ampenan,Objek Wisata

Renovasi Sentra Kuliner Wisata Ampenan NTB hampir rampung

Seorang warga melintas di depan lapak kuliner Pantai Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), setelah dilakukan renovasi, Minggu (19/11-2023). ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebutkan realisasi kegiatan renovasi lapak Sentra Kuliner Wisata Pantai Ampenan dengan anggaran Rp435 juta sudah hampir 100 persen.

Pelaksana Tugas Kepala Dispar Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi, di Mataram, Minggu, mengatakan kontrak pekerjaan renovasi lapak Sentra Kuliner Wisata Pantai Ampenan berakhir 14 Desember 2023, tapi realisasinya sudah hampir 100 persen.

"Data riil realisasi belum kami terima, tapi dari pantauan pekerjaan bisa kami simpulkan sudah hampir 100 persen," katanya pula.

Kondisi itu, ujarnya lagi, dapat dilihat dari progres pekerjaan yang saat ini tinggal melakukan penyelesaian pekerjaan lapak sementara untuk tembok keliling bagian depan sudah dibuka.

"Sedangkan untuk bagian belakang tidak kami buka karena berbatasan dengan akses jalan," katanya lagi.

Denny mengatakan, setelah renovasi rampung akan dilakukan relokasi pedagang, akan tetapi untuk tahap pertama pedagang yang akan menempati lapak kuliner yang sudah direnovasi sekitar 16 pedagang dari 64 pedagang yang terdata di Pantai Ampenan. Karenanya, untuk relokasi tahap pertama diprioritaskan untuk pedagang makanan, seperti pedagang menu khas tradisional yaitu pelecing, urap, sate, seafood, dan pedagang menu khas tradisional lainnya.

"Insya Allah, relokasi kami laksanakan pada awal Januari 2024, sebab setelah renovasi selesai ada tahap pemeliharaan dari pihak ketiga," katanya pula.

Sedangkan untuk pedagang lainnya seperti pedagang minuman dingin, kopi, dan makanan ringan akan direlokasi tahap kedua tahun 2024 dan itu sudah disepakati pedagang. Pembuatan lapak kuliner tahap kedua itu, sekaligus untuk penataan Pantai Ampenan tahap pertama dengan anggaran yang telah disiapkan Rp4,5 miliar.

Baca juga: Agam Sumbar terus benahi objek wisata tarik pengunjung
Baca juga: Borobudur Temple: Govt targets 2 mln visitors per year


"Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk dilakukan penataan secara bertahap di Pantai Ampenan, agar bisa menjadi destinasi wisata unggulan di daerah ini," kata dia lagi.