Pemerintah Merangin Jambi memberi alat dan benih pertanian bagi kelompok tani

id Jambi,merangin , pemkab merangin , pj bupati merangin

Pemerintah Merangin Jambi memberi alat dan benih pertanian bagi kelompok tani

Pj Bupati Merangin Mukti menyerahkan peralatan dan benih pertanian kepada kelompok tani, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Merangin)

Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, memberikan  alat dan bibit pertanian kepada sejumlah kelompok tani untuk mendorong produktivitas sektor pertanian di daerah setempat.

"Pemberian alat ini menjadi bukti kepedulian pemerintah kepada para petani sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam mengelola pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian para petani," kata Penjabat Bupati Merangin Mukti di Merangin, Selasa.

Adapun peralatan pertanian yang diberikan itu antara lain hidrotiler, alat pengolahan tanah dan penggiling padi, juga benih bawang merah, cabai merah, buah melon dan pupuk untuk pengembangan budi daya pertanian hortikultura.

Mukti menerangkan bantuan benih hortikultura berupa cabai merah dan bawang merah ini mengingat bahwa kedua komoditas ini kerap menjadi penyumbang inflasi di daerah. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merangin Slamet Sudarsono mengharapkan kelompok tani memanfaatkan pemberian peralatan dan benih dengan maksimal.

Bantuan ini merupakan bukti kehadiran pemerintah setempat membantu petani mendapatkan produksi pertanian yang memiliki kualitas baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan bahan pangan.

"Kami harapkan melalui bantuan ini produk pertanian yang dihasilkan akan lebih meningkat sehingga bisa meningkatkan hasil pertanian melalui kelengkapan fasilitas," katanya menerangkan.

Sebelumnya Kabupaten Merangin mendapatkan bantuan alat mesin pertanian dari Pemerintah Provinsi Jambi saat peringatan Hari Krida Pertanian ke-51 tingkat Provinsi Jambi, serta bantuan ternak berupa sapi, kambing, ayam sebanyak 966 ekor, bantuan benih padi untuk 150 hektare dan benih kacang tanah untuk 12 hektare.

Baca juga: Lebak ajukan sertifikasi varietas benih padi lokal ke Kementan
Baca juga: Sulbar ekspor perdana 5.500 ton bungkil sawit ke negara China


Kabupaten Merangin juga mendapatkan bantuan saprodi cabai merah sebanyak 11 hektare, bantuan saprodi bawang merah sebanyak dua hektare dan bantuan pengembangan jamur tiram satu paket.