PLN Maluku meraih penghargaan ISDA program pengembangan UKM Desa Rutah

id PLN,Penghargaan,PLN Maluku meraih penghargaan,CSR PLN

PLN Maluku meraih penghargaan ISDA program pengembangan UKM Desa Rutah

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara meraih penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Awards (ISDA) 2023, yang diterima asisten manajer TJSL PLN UIW MMU. ANTARA/ Ho- Humas PLN UIW MMU.

Ambon (ANTARA) - PT PLN  Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara meraih penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Awards (ISDA) 2023 atas program pengembangan kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Rutah, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

"PLN UIW MMU menerima penghargaan ISDA 2023 untuk Kategori Gold, atas kontribusi PLN UIW MMU dalam peningkatan peluang usaha dan kerja bagi masyarakat dengan mengembangkan kelompok UKM Desa Rutah, di Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah," kata General Manager PLN UIW MMU Awat Tuhuloula, di Ambon, Selasa. 

Ia mengatakan, SDGs bukan tugas pemerintah saja, tetapi upaya kolektif dari berbagai pihak untuk menyelamatkan bumi. 

PLN UIW MMU hadir melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), masyarakat khususnya UKM dapat menerapkan gaya hidup serba listrik, yang memudahkan untuk menjalankan bisnis.

PLN dalam menjalankan TJSL mengacu pada pencapaian SDGs, menjadikan UKM Desa Rutah sebagai salah satu contoh UKM yang konsep dan praktik bisnis berkelanjutan.

"Komitmen PLN menjalankan hal tersebut dapat dilihat dari pendapatan yang diterima sejak menerima bantuan peralatan serba listrik yang disalurkan PLN selama satu tahun terakhir ini,” kata Awat.

Ia menyatakan, program TJSL PLN mencakup berbagai sektor, dengan program prioritas seperti pemanfaatan sampah menjadi energy (Co-Firing), pemanfaatan Fly-Ash-Bottom-Ash (FABA), dan Electrifying Agriculture/Lifestyle.

“Selain menjaga lingkungan, kami juga mendukung ekonomi masyarakat yang sejalan dengan bisnis perusahaan. Sebab, kami tak hanya menjalankan bisnis semata, tapi juga berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan,” ujarnya. 

Adapun penghargaan yang diterima, didedikasikan kepada seluruh petugas PLN UIW MMU yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Ini merupakan pencapaian kita bersama. Terima kasih atas penghargaan ini. Mari bekerja dengan hati, terus berkontribusi untuk negeri dengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," Kata Awat. 

Baca juga: PLTU Timor-1 Unit #2 siap perkuat sistem kelistrikan Pulau Timor dan siaga Nataru 2023
Baca juga: COP28 Dubai Dibuka, Dirut PLN Paparkan Inovasi dan Ajak Kolaborasi Global Untuk Capai NZE Nasional 2060


Dia berharap, setiap perusahaan seharusnya dapat memaksimalkan program TJSL yang bergerak melalui bisnis setiap perusahaan, karena dalam mewujudkan SDGs terbagi dalam 17 kategori . Tentunya perlu dukungan berbagai pihak, seperti Perusahaan, Organisasi, maupun masyarakat luas dimana mempunyai tujuan yang sama dalam menyelamatkan bumi.

" Sejatinya program CSR ini semata- mata bukan hanya mengenai kegiatan sukarela saja, melainkan lebih kepada manfaat yang diterima konsumen dan budaya, " Katanya.