Akademisi Yogyakarta gelar FGD Uji Examinasi putusan MK terkait batasan umur capres/cawapres

id Akademisi Yogyakarta ,Uji Examinasi ,Putusan MK Nomor 90 2023,Pemilu 2024

Akademisi Yogyakarta gelar FGD Uji Examinasi putusan MK terkait batasan umur capres/cawapres

FGD dengan tema Uji Examinasi terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90 Tahun 2023 oleh para akademisi dan intelektual muda di Yogyakarta. Sabtu (20/1/2024) (ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Para akademisi dan pemerhati bidang hukum dari Yogyakarta menggelar Forum Group Discussion (FGD) yang bertema "Uji Examinasi Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90 Tahun 2023 terkait Batas Usia Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden" dalam Pemilu, Pelanggaran Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 19 Tahun 2023".

"Teman-teman para intelektual muda, pemerhati di bidang hukum tata negara dan hukum administrasi negara itu agak gelisah atau risau dengan adanya putusan MK Nomor 90 Tahun 2023 yang sudah viral," kata Guru Besar Hukum Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Nindyo Pramono disela FGD tersebut di Yogyakarta, Sabtu.

Pihaknya dari kalangan akademisi menghargai putusan MK yang bersifat Res Judicata Pro Veritate Habetur, yang artinya diantaranya bahwa putusan hakim apapun itu harus dianggap benar.

"Namun bisa jadi putusan hakim sebagai manusia, salah, itu normal, tetapi dengan doktrin itu sebuah putusan hakim yang sudah inkrah harus dianggap benar," katanya.