Disdik Mataram pastikan sekolah yang digunakan TPS sudah kembali aktif

id disdik mataram,sekolah jadi TPS,pemilu 2024,kembali aktif

Disdik Mataram pastikan sekolah yang digunakan TPS sudah kembali aktif

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram Yusuf, S.Pd. (ANTARA/Nirkomala)

Kalau kemarin, memang ada beberapa sekolah masih digunakan karena proses penghitungan suara masih berjalan
Mataram (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memastikan, sejumlah sekolah yang digunakan sementara sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024, hari ini sudah kembali aktif seperti biasa.

"Kalau kemarin, memang ada beberapa sekolah masih digunakan karena proses penghitungan suara masih berjalan. Tapi untuk hari ini, semua sudah kembali normal seperti biasa," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram Yusuf, S.Pd di Mataram, Jumat.

Hal tersebut disampaikan menyikapi adanya enam sekolah dasar (SD) yang digunakan sebagai TPS karena tidak ada alternatif tempat lain di areal warga.

Baca juga: Wali Kota Mataram salurkan hak pilih Pemilu 2024 di kampung halaman TPS 13
Baca juga: Polresta Mataram terjunkan 512 personel amankan 2.087 TPS Pemilu 2024


Pada Kamis (15/2-2024), katanya, enam sekolah itu masih digunakan untuk proses penghitungan, sementara siswa yang sudah mulai masuk diarahkan untuk menggunakan kelas lain agar tidak terganggu.

"Tapi Alhamdulillah, hari ini semua sudah aktif kembali. Penghitungan suara selesai dan anak-anak bisa masuk sekolah dengan aman dan nyaman," katanya.

Selain peminjaman gedung sekolah, lanjut Yusuf, saat pemungutan suara Pemilu 2024, sejumlah TPS juga banyak yang meminjam fasilitas sekolah terutama untuk meja dan kursi.

Selama itu tidak mengganggu dan dapat digunakan sebaik-baiknya sesuai fungsi, Disdik memberikan izin sebagai bentuk dukungan menyukseskan pesta demokrasi 2024.

"Untuk pinjaman meja dan kursi itu, sudah langsung dikembalikan sebelum anak-anak masuk sekolah kemarin (Kamis 15/2)," katanya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram jumlah TPS di Kota Mataram tercatat 1.248 titik tersebar di 50 kelurahan se-Kota Mataram.

TPS-TPS tersebut dibangun pada sejumlah ruang kosong baik milik pribadi maupun masyarakat umum, termasuk di fasilitas umum dan tempat ibadah di wilayah masing-masing.

Sedangkan, wilayah yang tidak memiliki lokasi yang pas, menjadikan areal sekolah sebagai alternatif pembuatan TPS.