PLTN bisa membantu ketahanan dan keamanan pasokan energi

id Mohamad Nasir dan Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan

Menristekdikti Mohamad Nasir dan Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan di Jakarta, Jumat (Indriani)

Mataram (ANTARA) - Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Prof Anhar Riza Antariksawan mengatakan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) bisa menjadi salah satu alternatif dalam mebantu ketahanan dan keamanan pasokan energi di dalam negeri.

"PLTN merupakan salah satu pilihan pembangkit listrik yang ada di kebijakan energi nasional dan harus dipandang serius, untuk menjaga ketahanan dan keamanan pasokan energi listrik," ujar Anhar Riza di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan kejadian padamnya listrik yang terjadi di sebagian wilayah Pulau Jawa, harus dilihat dulu apa penyebabnya. Hal itu dikarenakan kalau tidak ada hubungannya dengan pembangkit, misalnya transmisi maka apapun jenis pembangkitnya akan berakibat sama.

"Tapi mungkin yang lebih penting menurut saya, di balik persoalan ini apakah kita sudah mempunyai penyuplai cadangan dan tindakan pencegahannya dalam keadaan sepert ini," ujar dia.

Menurut dia, adanya PLTN bisa menjadi salah satu alternatif ketahanan energi. Tidak harus menunggu sumber energi lain semakin kewalahan menjaga kebutuhan pasokan energi listrik.

Sebelumnya terjadi pemadaman listrik di sebagian besar wilayah Jawa. PLN menyatakan penyebab utama pemadaman yang dialami sebagian Jawa adalah putusnya transmisi pada sirkit utara Ungaran-Pemalang sistem Jawa Bali 500 kilo Volt (kV) yang berdampak ke sebagian besar wilayah Jawa.
Pewarta :
Editor: Ihsan Priadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar