RSUD Sumbawa Barat Dapat Bantuan Alkes

id alkes ksb

"Hasil pendeteksian oleh alat tersebut bisa dijadikan dasar untuk menentukan tindakan pengobatan terhadap pasien HIV/AIDS"
Mataram, (Antara NTB)- Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, mendapat bantuan alat kesehatan berupa alat penghitung "leukosit" atau sel darah putih dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Syaefuddin Naim ketika dikonfirmasi dari Mataram, Senin, mengatakan alat tersebut secara spesifik bisa mendeteksi jumlah kandungan sel darah putih pada penderita HIV/AIDS.

"Hasil pendeteksian oleh alat tersebut bisa dijadikan dasar untuk menentukan tindakan pengobatan terhadap pasien HIV/AIDS," kata Syaefuddin.

Menurut dia, bantuan tersebut hanya diberikan kepada dua rumah sakit di NTB, yakni RSUD provinsi dan RSUD Sumbawa Barat.

Alat itu, kata Syaefuddin, menjadi tambahan keunggulan untuk penanganan dan pelayanan pasien HIV/AIDS di RSUD Sumbawa Barat.

"Dengan fungsi yang dimiliki oleh alat ini memungkinkan RSUD Sumbawa Barat menjadi rumah sakit rujukan di Pulau Sumbawa.

Alat tersebut, katanya, saat ini sedang dipasang oleh teknisi dari Kementerian Kesehatan.(*)