1.317 ternak bergejala PMK di Garut sembuh

id Pemkab Garut, Garut, PMK garut, hewan ternak Garut

1.317 ternak bergejala PMK di Garut sembuh

Petugas melakukan pemeriksaan hewan ternak sapi di Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Garut (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebutkan 1.317 ternak sapi, kambing dan domba yang dinyatakan terdampak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) berhasil disembuhkan dengan pengobatan oleh petugas di lapangan.

"Ternak yang telah menunjukkan sembuh (atau) perbaikan kondisi setelah pengobatan sebanyak 1.317 ekor," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani melalui siaran pers di Garut, Minggu.

Ia menuturkan sejumlah petugas kesehatan hewan telah diterjunkan setelah mendapatkan informasi adanya wabah PMK menyerang hewan ternak sapi, domba, maupun kambing di Kabupaten Garut.

Tercatat, kata dia, petugas kesehatan hewan di lapangan sudah memeriksa dan melakukan pengobatan 3.520 ekor ternak yang bergejala PMK tersebar di 18 kecamatan, untuk hewan ternak yang mati tercatat sebanyak 47 ekor dan 77 ekor disembelih bersyarat.

Baca juga: Polres Lombok Barat bantu menangani ternak terkena PMK
Baca juga: Wakil Ketua DPR usulkan enam langkah atasi PMK


Selain pengobatan, lanjut dia, jajarannya melakukan upaya pencegahan dengan memeriksa secara ketat kesehatan hewan ternak yang datang dari luar kota, dan melakukan penutupan pasar hewan agar wabah tidak terus menyebar.