Pondok pesantren dan pengusaha muda binaan BI NTB juara FESyar 2022

id BI Provinsi NTB,FESyar 2022,Pondok Pesantren

Pondok pesantren dan pengusaha muda binaan BI NTB juara FESyar 2022

Pondok Pesantren Ulil Albab Nahdlatul Wathan sebagai binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat meraih juara satu dalam lomba Festival Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia tahun 2022. (ANTARA/HO-BI NTB)

Mataram (ANTARA) - Pondok Pesantren Ulil Albab Nahdlatul Wathan dan Emuin Irawan selaku wirausaha muda binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat, berhasil meraih juara satu lomba Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia 2022.

"Raihan gelar juara tersebut telah berhasil mempertahankan tradisi juara yang selalu diperoleh peserta perwakilan Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB dalam gelaran FESyar Kawasan Timur Indonesia (KTl), setidaknya dalam empat tahun terakhir (2019-2022)," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji, di Mataram, Selasa.

Selain pondok pesantren dan wirausaha muda yang meraih juara satu, salah seorang seniman binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB atas nama Arga Pumama dari Komunitas Akarpohon juga berhasil meraih juara dua lomba syair dan puisi religi.

Heru mengatakan penyelenggaraan FESyar KTl berlangsung pada 28-31 Juli 2022. Kegiatan tersebut terbilang sukses dan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Rangkaian kegiatan FESyar meliputi dua kegiatan utama, Sharia Forum dalam bentuk seminar secara daring dan dialog. Selain itu, Sharia Fair berupa tabligh akbar, Showcasing produk usaha mikro kecil dan menengah, lomba, dan pertemuan bisnis.


Ia menambahkan sebagai salah satu bentuk partisipasi, pihaknya mengirim perwakilan untuk mengikuti rangkaian kegiatan Sharia Fair berupa lomba-lomba yang diselenggarakan panitia acara, mulai dari lomba pondok pesantren binaan, wirausaha muda syariah binaan, hingga seniman religi.

"Sebagai hasilnya, peserta perwakilan dari BI NTB berhasil meraih gelar juara pada tiga perlombaan, yaitu juara satu lomba pondok pesantren unggulan, dan juara satu lomba wirausaha muda syariah, serta juara dua lomba syair dan puisi religi," ujar Heru.

Heru mengatakan gelar juara tersebut diumumkan pada akhir pelaksanaan berbagai kegiatan seminar dan dialog pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang berlangsung secara hibrida di beberapa daerah termasuk di NTB.


Kegiatan FESyar KTI 2022 sendiri secara resmi dibuka o1eh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S Budiman, pada 28 Juli 2022, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang menjadi sebagai tuan rumah.

Bertemakan "Penguatan ekosistem halal daerah dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan", FESyar KTI 2022 bertujuan untuk mendorong akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional sebagai arus baru ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkesinambungan.

Selain itu, penyelenggaraan FESyar tersebut merupakan rangkaian dari acara Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022 yang akan dilaksanakan pada Oktober 2022 di Jakarta.