Pemkot Mataram bagi puluhan bendera merah putih sambut HUT RI ke-77

id bendera,mataram,bagi

Pemkot Mataram bagi puluhan bendera merah putih sambut HUT RI ke-77

Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, membagikan puluhan bendera merah putih kepada perwakilan tokoh masyarakat dari enam kecamatan untuk mendukung gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dalam rangka menyambut dan menyemarakkan HUT RI ke-77.

"Bendera merah putih yang kita serahkan secara simbolis sebanyak 60 lembar," kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Wali kota seusai menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan tokoh masyarakat dirangkaikan dengan kegiatan apel Senin bagi jajaran ASN Pemerintah Kota Mataram.

Dikatakan, masing-masing tokoh masyarakat dari enam kecamatan mendapatkan 10 lembar berukuran 80 sentimeter (cm) X 120 cm, untuk di pasang di wilayah masing-masing agar pemasangan bendera merah putih tahun ini bisa lebih semarak.

"Setelah pembagian bendera merah putih hari ini, pembagian akan dilanjutkan oleh pihak kecamatan secara bertahap sehingga Kota Mataram bisa terlihat lebih semarak merayakan HUT RI ke-77," katanya.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mataram Zarkasi menambahkan, setelah pembagian 60 lembar bendera merah putih dari Wali kota, akan dilanjutkan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), dunia usaha, lembaga sosial kemasyarakatan dan lainnya.

Gerakan pembagian 10 juta bendera se-Indonesia ini, merupakan kegiatan pemerintah dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77 yang setiap tahun dilaksanakan.

"Hanya saja tahun ini pemerintah mem-branding menjadi gerakan 10 juta bendera dalam rangka membangun partisipasi dan semangat nasionalisme," katanya.

Oleh karena itu, setelah pembagian puluhan bendera merah putih secara simbolis itu, Bakesbangpol kembali akan menyalurkan bendera yang dihimpun dari pemerintah dan pengusaha kepada masyarakat melalui kecamatan.

"Target kita bisa membangun partisipasi masyarakat dengan memasang bendera di rumah masing-masing sebanyak-banyaknya," katanya.