Tahun ini, takbiran di Mataram tidak lagi fokus di Lapangan Sangkareang

id Takbiran di Kota Mataram,Lapangan Sangkareang,Takbiran di kecamatan,Mataram,Petasan

Tahun ini, takbiran di Mataram tidak lagi fokus di Lapangan Sangkareang

Polres Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyita ribuan petasan dari para pedagang petasan di antaranya di Jalan Yos Sudarso, Jalan Niaga dan Jalan Koperasi. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

takbiran tahun 2023 di Kota Mataram akan digelar menyebar di enam kecamatan se-Kota Mataram
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, melarang peserta pawai takbiran menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah membawa petasan, kembang api, dan sejenisnya agar kegiatan bisa berjalan lancar, aman, dan tertib.

"Jika tidak mematuhi, aparat keamanan bisa mengambil tindakan," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Kamis, usai memimpin rapat bersama terkait berbagai kegiatan di selama Ramadhan 1444 Hijriah, persiapan pawai takbiran, shalat Idul Fitri, dan Lebaran Ketupat.

Selain itu, lanjut Martawang, peserta juga harus diingatkan agar tetap menjaga keamanan, dan kondusifitas di wilayah masing-masing.

"Camat dan lurah juga ingatkan warga agar peserta pawai takbiran tetap pada rentang kendali yang wajar. Meskipun sudah tidak ada pembatasan namun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik," katanya.

Lebih jauh Martawang mengatakan, kegiatan pawai takbiran tahun 2023 di Kota Mataram akan digelar menyebar di enam kecamatan se-Kota Mataram, guna memecah keramaian sekaligus meningkatkan ghirah (semangat) masyarakat.

"Kita telah sepakati pelaksanaannya tidak lagi fokus pada satu tempat yakni di Lapangan Sangkareang, seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Hal itu disepakati dengan berbagai pertimbangan antara lain, selain untuk meningkatkan semangat partisipasi masyarakat, juga dimaksudkan untuk mengurai titik keramaian, serta mengantisipasi kemacetan yang panjang di ruas jalan yang ada di Kota Mataram.