Pemkab Bangka Barat bersih-bersih sungai dukung wisata

id Kampung iklim di mentok,Kampung iklim telukrubiah,Wisata bangka barat,Wisata babel,Pemkab Bangka Barat bersih-bersih sun

Pemkab Bangka Barat bersih-bersih sungai dukung wisata

Bupati Bangka Barat Sukirmam (dua dari kiri) bersama Wakil Bupati Bong Ming Ming (kiri) turun langsung dalam gotong royong bersih sungai di Kampung Iklim Telukrubiah, Mentok. (ANTARA/HO-Diskominfo Bangka Barat)

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama sejumlah instansi dan warga bergotong royong bersih-bersih aliran Sungai Telukrubiah guna mendukung upaya pengembangan destinasi wisata Kampung Iklim.

"Aksi gotong royong bersih-bersih sungai ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan dengan warga dan susur sungai yang dilakukan sepekan lalu, kita berharap upaya ini bisa menumbuhkan kesadaran warga untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata di Kampung Iklim Telukrubiah, Mentok," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming MIng di Mentok, Minggu.

Aksi bersih-bersih sungai dilakukan bersama-sama dengan para pegawai di lingkungan Pemkab Bangka Barat, personel TNI, Polres Bangka Barat dan warga setempat, turut hadir Bupati Bangka Barat Sukirman.

Bong Ming Ming mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai akan kembali dilanjutkan pada pekan depan karena masih banyak lokasi aliran yang dipenuhi sampah. "Kita akan lanjutkan bersih-bersih sungai, hari ini baru sekitaran satu kilometer lebih. Nanti minggu depan, kita akan kerahkan lagi ASN, TNI, Polri dan berharap semakin banyak warga yang terlibat," katanya.

Menurut dia melalui kegiatan seperti itu akan mampu membangkitkan semangat kebersamaan bersama warga dalam rangka menjaga kebersihan sekitar. Dengan begitu, kawasan yang sebelumnya telah ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah tersebut akan semakin menarik, nyaman dan siap dikembangkan lebih lanjut.

Pada kesempatan bertemu langsung dengan warga tersebut Bupati Bangka Barat Sukirman melakukan dialog untuk mengetahui berbagai masukan agar ke depan pembangunan yang dilakukan bisa semakin bermanfaat.

"Warga yang biasa memanfaatkan aliran sungai ini bukan berarti mereka tidak memiliki kamar mandi, namun mereka lebih bahagia dan nyaman untuk mencuci dan mandi di aliran sungai tersebut," kata Sukirman.

Aliran Sungai Telukrubiah selama ini menjadi tempat penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari warga di sekitarnya, antara lain untuk mencuci baju, mandi dan lainnya sehingga penting untuk dijaga kelestarian dan kebersihan aliran sungai tersebut.

Baca juga: Melongok kampung kreatif JFC kenalkan budaya
Baca juga: Mataram bangun kampung wisata budi daya ikan air tawar


Kegiatan gotong royong di kawasan Kampung Iklim Teluk Rubiah dilaksanakan dalam rangka mengelola dan menjaga kebersihan salah satu destinasi wisata di Kota Mentok agar selalu tertata dan pada akhirnya memiliki nilai manfaat bagi penduduk sekitar. "Selain membangun kebersamaan, melalui kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi dan keluh kesah dari warga," kata Sukirman.

Dengan adanya pengembangan sektor pariwisata di kawasan tersebut diharapkan semakin menarik dikunjungi wisatawan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga setempat.