Damkar Rejang Lebong Bengkulu peringatkan bahaya karhutla

id Damkar ,Rejang Lebong ,peringatkan ,bahaya kebakaran ,hutan

Damkar Rejang Lebong Bengkulu peringatkan bahaya karhutla

Peta kerawanan kebakaran hutan dan lahan yang dikeluarkan BMKG Provinsi Bengkulu, Jumat, 13 Oktober 2023. ANTARA/HO

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu memperingatkan warga di daerah itu untuk mewaspadai potensi terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Damkar Rejang Lebong Fery Najamudin dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Jumat (13/10 mengatakan saat ini wilayah itu masih mengalami kekeringan kendati sebelumnya sudah beberapa kali turun hujan dengan intensitas ringan.

"Berdasarkan peta kerawanan wilayah dari BMKG Provinsi Bengkulu tanggal 13 Oktober 2023 menyatakan Kabupaten Rejang Lebong termasuk salah satu daerah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata dia.

Dia menjelaskan informasi tingkat kemudahan terbakar di Kabupaten Rejang Lebong saat ini masuk dalam zona merah terutama tujuh kecamatan di wilayah Lembak yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bahaya karhutla di Kabupaten Rejang Lebong pihaknya sudah menindaklanjutinya dengan menyiagakan peralatan dan personel penanggulangan kebakaran serta berkoordinasi dengan BPBD maupun TNI/Polri.

Sejauh ini kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 13 kejadian, dengan luasan lahan yang terbakar mencapai 10 hektare. Sementara itu untuk mengantisipasi kasus karhutla dan di kawasan pemukiman di Kabupaten Rejang Lebong, pihaknya telah menyiagakan 13 unit armada terdiri atas sembilan unit mobil pemadam kebakaran dan empat unit mobil tangki penyuplai air, serta 130 personel.

Armada dan personel yang disiagakan ini tersebar di lima pos, yakni pos utama di Markas Damkar Rejang Lebong di Jalan S Sukowati Curup, dengan jumlah armada sebanyak sembilan unit.

Baca juga: Petugas BPBD Banjarmasin menjangkau 33 titik api
Baca juga: Info BMKG peringatkan potensi kebakaran karhutla di sejumlah wilayah


Sedangkan empat pos lainnya berada di Kecamatan Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, Kota Padang, dan Bermani Ulu Raya, dimana masing-masing pos kecamatan ditempatkan satu unit armada pemadam kebakaran.