Pemkab Bima menggelar kosultasi publik RPJMD 2025-2045

id Kabupaten Bima,RPJMD 2045,RPJMD 2025

Pemkab Bima menggelar kosultasi publik RPJMD 2025-2045

Peserta uji publik RPJMD 2025-2045 yang digelar Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di kantor bupati setempat, Senin (8/01/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di ruang rapat utama kantor bupati setempat.

Wakil Bupati Bima H Dahlan M Noer, Senin, mengatakan konsultasi publik ini diharapkan dapat bermanfaat secara langsung bagi masyarakat, dilakukan secara terintegrasi, lintas sektor, menyelesaikan permasalahan dan isu strategis pembangunan.

"Serta berorientasi pada hasil, manfaat dan dampak yang terukur dan akuntabel," katanya.

Ia mengatakan dalam rancangan awal RPJPD daerah tersebut, memuat hal-hal penting yang berkenaan dengan perwujudan visi dan misi pembangunan daerah dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, yaitu mewujudkan Kabupaten Bima yang Maju, Sejahtera, Mandiri, Bermartabat dan Berkelanjutan," katanya.

Oleh karena itu, kata Dahlan, pemerintah desa dan kecamatan perlu didorong oleh OPD terkait untuk mengimplementasikan visi dan misi pembangunan daerah tersebut.
"Semua kita harus bisa mewujudkan visi dan misi itu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,"katanya.

Baca juga: Pj Wali Kota Bima serahkan bantuan mobil dan ambulans
Baca juga: Pelayanan publik di NTB tetap buka pada libur Natal dan Tahun Baru 2024


Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima Taufik dalam laporannya mengatakan forum konsultasi publik ditujukan untuk menghimpun aspirasi dan pasukan serta harapan para pemangku kepentingan terhadap permasalahan strategis dan sasaran pembangunan jangka panjang masyarakat Kabupaten Bima.

"Forum ini juga merupakan penyelarasan perencanaan pembangunan antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi serta pemerintah pusat agar terbentuk perencanaan yang efektif untuk masyarakat Kabupaten Bima,"katanya.