ABTI siapkan timnas di ASEAN University Games 2024

id PB ABTI,ASEAN University Games 2024,AUG 2024

ABTI siapkan timnas di ASEAN University Games 2024

Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar (tengah) saat mengadakan jumpa media terkait kesiapan ASEAN University Games 2024 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (26/03/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) tengah mempersiapkan tim nasional Indonesia untuk tampil di ajang ASEAN University Games 2024 (AUG 2024)  di Surabaya dan Malang.

Tim Merah Putih yang berstatus sebagai tuan rumah akan didominasi dengan susunan pemain dari kejuaraan Asia 2023 dan atlet PON ke-21 untuk mengarungi kompetisi yang berlangsung pada 26 Juni hingga 6 Juli mendatang.

"Para pemain eks kejuaraan Asia dan atlet PON XXI yang masih berstatus mahasiswa akan dijaring melalui seleksi nasional yang akan digelar dalam waktu dekat di Jakarta," kata Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu.

Kendati akan didominasi dengan pemain-pemain yang berasal dari kejuaraan Asia 2023 dan atlet PON, PB ABTI juga akan membuka seleksi nasional untuk mencari sejumlah pemain dalam regenerasi timnas ke depannya.

Zulfydar menilai peta persaingan kompetisi yang akan mempertandingkan dua nomor lomba yaitu indoor dan pantai tersebut akan berlangsung ketat. Pasalnya sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura telah mempersiapkan timnya dengan waktu relatih panjang dan sufah mendaftarkan diri di AUG 2024.

Baca juga: ABTI sukses selenggarakan babak kualifikasi PON 2024
Baca juga: 15 negara ikuti Kejuaraan Asia Bola Tangan Pantai 2023 di Pulau Dewata


Selain itu tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Vietnam, Thailand dan Brunei juga mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam ajang yang berlangsung di Surabaya dan Malang tersebut.

Untuk mempersiapkan regenerasi, PB ABTI telah menunjuk pelatih M Arief yang berkomunikasi untuk dengan Bapomi untuk memimpin seleksi masuk tim nasional Indonesia. Selain itu PB ABTI kini telah melakukan rapat Delegasi Teknik AUG yang diselenggarakan di Surabaya mulai 26 hingga 28 Maret lalu.