Pemkot Mataram salurkan 12.000 paket santunan Idul Fitri 1445 Hijriyah

id santunan Baznas Mataram,santunan,paket sembako,pemkot mataram,idul fitri

Pemkot Mataram salurkan 12.000 paket santunan Idul Fitri 1445 Hijriyah

Ratusan petugas kebersihan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (1/4-2024) menerima santunan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. (ANTARA/Kominfo).

Alhamdulillah, ZIS yang terhimpun melalui Baznas terdistribusi dengan baik kepada mustahik yang memang tepat sebagai penerima manfaat
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyalurkan 12.000 paket santunan kepada para mustahik untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Kegiatan pemberian santunan itu diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana kepada sejumlah petugas kebersihan di halaman Kantor Wali Kota Mataram di Mataram, Senin.

Dalam kesempatan itu wali kota memberikan apresiasi kerja dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram yang sudah menghimpun zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dari para muzzaki hingga pada hari ini bisa dimanfaatkan secara maksimal kepada mustahik.

Baca juga: Baznas Mataram menyiapkan Rp2 miliar untuk program bansos selama Ramadhan

Sebanyak 12.000 paket santunan yang diberikan pemerintah kota itu merupakan kerja sama dengan Baznas Kota Mataram yang dihimpun dari ZIS dari kalangan aparatur sipil (ASN) Muslim di lingkup Pemerintah Kota Mataram.

"Alhamdulillah, ZIS yang terhimpun melalui Baznas terdistribusi dengan baik kepada mustahik yang memang tepat sebagai penerima manfaat," katanya.

Adapun para mustahik penerima santunan tersebut antara lain merupakan, petugas kebersihan, marbot masjid, lansia, fakir miskin, penjaga sekolah maupun madrasah, organisasi sosial, santunan untuk TPQ, serta tenaga teknis/satgas di organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota Mataram.

Baca juga: Pemkot Mataram menyerahkan santunan lebaran Rp2,1 miliar

Wali kota mengatakan bantuan atau santunan yang diberikan sudah menjadi hak masyarakat, khususnya warga kurang mampu.

Baznas hanyalah lembaga yang dipercaya untuk mengumpulkan, selanjutnya diteruskan kepada mereka yang membutuhkan sesuai dengan data yang telah ada di tingkat kelurahan hingga kecamatan.

"Ini merupakan semangat kita semua, semangat untuk berbagi dalam memberikan kemanfaatan bagi masyarakat kita, terutama dalam bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri," katanya.

Baca juga: Baznas Mataram mengalokasikan Rp2 miliar lebih untuk santunan Ramadhan

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa mengatakan paket santunan yang diberikan antara lain dalam bentuk uang tunai, sembako, sarung, dan lainnya.

"Pemberian santunan disesuaikan dengan kebutuhan sasaran," katanya.

Baca juga: Baznas Mataram menyalurkan santunan kepada 1.245 petugas kebersihan