Mukhtar Landa resmi jabat Pj Wali Kota Bima

id Pj Wali Kota Bima Mukhtar Landa,NTB,Pj Gubernur NTB Hassanudin,Pemprov NTB,Pemkot Bima,Pj Gubernur NTB lantik Mukhtar La

Mukhtar Landa resmi jabat Pj Wali Kota Bima

Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hassanudin menyematkan pelakat kepada Pj Wali Kota Bima Mukhtar Landa di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Minggu (11/8/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hassanudin resmi melantik Mukhtar Landa menjadi Penjabat Wali Kota Bima menggantikan Mohammad Rum yang mundur karena maju Pilkada Kota Bima 2024.

Pj Gubernur NTB Hassanudin berpesan kepada Pj Wali Kota Bima yang baru, untuk mengawal Kota Bima ke depan, agar tetap memperhatikan arahan dari pemerintah pusat.

"Sebagai awal kita memulai perjalanan baru, penting bagi kita untuk memperhatikan arahan pemerintah pusat," kata Hassanudin di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB di Mataram, Minggu.

Baca juga: Mukhtar dijadwalkan dilantik jadi Pj Wali Kota Bima

Dirinya menguraikan beberapa area utama yang membutuhkan perhatian dan tindakan segera oleh Pj yang baru, di antaranya stabilisasi harga barang kebutuhan pokok di wilayah masing-masing, melakukan pengendalian inflasi daerah, mendukung prioritas nasional termasuk penanggulangan kemiskinan ekstrem.

"Termasuk memerangi stunting memajukan upaya industrialisasi di daerah, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada keluarga dan masyarakat dan bahaya dampak narkoba dan judi online," katanya.

Sebelum menjadi Pj Wali Kota Bima, Mukhtar Landa sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima.

Baca juga: Maju pilkada, Pj Wali Kota Bima ajukan pengunduran diri

Selain itu Hassanudin juga mengingatkan Pemerintah Kota Bima untuk tetap waspada terhadap potensi dan dampak bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Tindakan proaktif mesti diambil, untuk mengurangi dampak buruk terhadap ekonomi lokal dan mata pencaharian masyarakat.

Disamping itu, Pj Gubernur NTB meminta kepada Pj Wali Kota Bima, mengawal pilkada serentak pada bulan November mendatang, agar berjalan aman, damai, lancar dan sukses dengan menegakkan prinsip demokrasi serta memastikan integritas proses pemilihan berjalan dengan baik. Dirinya menegaskan pula, pentingnya memposisikan diri, (untuk semua kalangan) pada perhelatan demokrasi serentak tersebut.

"Menyongsong pilkada serentak, penting bagi kita mengawal jalannya pemilu di daerah kita dapat berlangsung dengan aman, damai, dan lancar," katanya.

Selain itu di hari yang sama juga dilaksanakan pelantikan Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bima Salmah Mukhtar oleh Ketua TP PKK NTB, Dwianne Dessy Hassanudin sekaligus pengukuhan Pj Ketua Pembina Posyandu Kota Bima.